Mohon tunggu...
Dewi_ Gamming
Dewi_ Gamming Mohon Tunggu... Pelajar, Mahasiswa

Pelajar, Mahasiswa

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Identitas Bangsa dan Cinta Bangsa

14 Juli 2020   06:39 Diperbarui: 14 Juli 2020   06:37 16 2 0 Mohon Tunggu...

Setiap individu maupun bangsa memiliki ciri khasnya masing-masing dengan segala keunikannya yang biasanya disebut dengan identitas. Pengertian identitas adalah suatu jati diri dari suatu individu maupun bangsa. Jadi identitas adalah simbol kepemilikan didalam ciri khas suatu bangsa atau individu tersebut, sehingga tidak ada penirunan karakter bahkan ras dalam individu maupun bangsa tersebut.

Istilah identitas nasional dapat disamakan dengan identitas kebangsaan. Secara etimologis, identitas nasional beraal dari kata "identitas" dan "naional". Kata identitas berasal dari bahasa inggris identity yang memiliki pengertian harfiah, ciri, tanda, atau jati diri yang melekat pada seseorang, kelompok atau sesuatu sehingga membedakan dengan yang lain. Dengan demikian, identitas berarti ciri-ciri, tanda atau jati diri yang dimiliki seseorang, kelompok, masyarakat bahkan suatu banga sehingga dengan identitas itu bisa membedakannya dengan kata yang lain. Kata "Nasional" merujuk pada konsep kebangsaan. Nasional menunjuk pada kelompok-kelompok peratuan hidup manusia yang lebih besar. Merujuk pada identitas bangsa dalam pengertian politik (Winarno, 2007).

Identitas atau ciri khas yang dimiliki oleh bangsa indonesia yang dapat membedakan bangsa indonesia dengan bangsa lain salah satunya adalah dasar negara indonesia yaitu pancasila. Pancasila merupakan cerminan dari kepribadian warga indonesia. Bahkan pancasila telah ada atau lahir beramaan dengan lahirnya bangsa indonesia.
Inilah mengapa makna dari identitas nasional sangat merujuk pada ciri-ciri serta sifat yang dimiliki oleh bangsa indonesia. Dimana dengan adanya sebuah identitas maka sebuah bangsa akan berbeda dan menjadi lain dengan bangsa besar lainnya. Ini juga berlaku untuk masalah perbandingan. Sedangkan di indonesia sendiri, contoh identitas nasional sangat berpengaruh dan sangat ditentukan oleh nilai-nilai pancasila. Dimana pancasila merupakan pedoman dasar apapun atas yang ada di pemerintahan indonesia seperti macam-macam kebijakan publik.

Ada banyak contoh identitas nasional yang bisa kita pelajari, diantaranya yaitu mengetahui bahasa persatuan di indonesia, yang merupakan bahasa nasional yang kita miliki secara bersama yaitu bahasa indonesia walaupun kita tahu ada banyak bahasa daerah yang ada di seluruh penjuru indonesia.

Di era revolusi digital ini membuat masyarakat harus lebih pandai-pandai dalam menjaga identitas bangsa bahkan mencintai bangsa. Karena revolusi digital telah mengubah cara pandang seseorang dalam menjalani kehidupan yang sangat canggih ini. Sebuah teknologi yang membuat perubahan besar kepada seluruh dunia, dari mulai mempermudah segala urusan sampai membuat msalah karena tidak bisa menggunakan fasilitas digital yang semakin canggih ini dengan baik dan benar.

Tetapi mayarakat dapat juga mengubah revolusi ini lebih ke yang terbaik untuk negara maupun bela negara.
Dengan demikian, dengan cara kita menjaga identitas bangsa sama halnya kita mencintai tanah air kita sendiri. Kenapa sih kok bisa dibilang cinta? Emang seperti apasih cinta terhadap negara sendiri.

Nah cinta tanah air adalah sama saja rela berkorban demi kepentingan negara. Memajukan kehidupan bangsa, mencerdaskan diri demi ikut berpartisipasi dalam rangka proses pembangunan tanah air atau negara yang kecil, berkembang sampai menjadi negara yang maju.

Kita harus dapat paham dan mengerti mengapa kita perlu menanamkan didalam raa hati kita yang paling dalambahwa harus mempunyai rasa cinta akan tanah air kita sendiri yang telah memberikan  penghidupan selama kita hidup didunia ini, dan patut harus selalu bersyukur kepadayang maha kuasa atas kekayaan yang dimiliki oleh negara kita, antara lain hamparan sawah yang menghijau, deretan gunung yang menjulang tinggi yang siap mengokohkan pulau-pulau dinegara kita ini yang memang negara kita dikenal dengan negara kepulauan, negara kita jua kaya akan kekayaan laut.

Keberagaman suku yang berbeda tetapi tetap memegang prinsip Bhineka Tunggal Ika patut kita syukuri dan mengerti bahwa memang kita patut cinta kepada tanah air kita ini. Karena rasa cinta itu melahirkan rasa ingin memiliki, menyayangi, dan selalu menjaga.

Jadi identitas bangsa dan cinta bangsa perlu dipertahankan agar suatu negara tidak kehilangan ciri atau yang khas dari negara tersebut.

VIDEO PILIHAN