Mohon tunggu...
Alexander Devo
Alexander Devo Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Mahasiswa Fakultas Teknik Prodi Teknik Industri UNS

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Pengenalan Pembuatan Telur Asin Brebes Mahasiswa KKN UNS Kelompok 222 Desa Ngabeyan bersama Ibu-Ibu PKH

23 Agustus 2022   19:18 Diperbarui: 23 Agustus 2022   19:25 178 1 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana Adalah Platform Blog. Konten Ini Menjadi Tanggung Jawab Bloger Dan Tidak Mewakili Pandangan Redaksi Kompas.
Lihat foto
Proses Pembuatan Telur Asin Khas Brebes/dokpri

Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) merupakan salah satu sektor ekonomi yang besar dan memiliki peran penting dalam sektor perekonomian di Indonesia. 

Salah satu UMKM yang ada di Desa Ngabeyan, Kecamatan Karanganom, Kabupaten Klaten adalah pembuatan telur asin yang dilakukan oleh Ibu-ibu PKH. Produksi yang dilakukan oleh Ibu-ibu PKH dapat memberikan pendapatan serta menjadi kegiatan di luar profesi. 

Kegiatan yang bermanfaat dan menghasilkan pendapatan tersebut kemudian terhenti akibat adanya Pandemi Covid-19. Pandemi Covid-19 yang memberikan dampak pada segala sektor kehidupan manusia di muka bumi juga turut memberikan dampak pada produksi telur asin. Sehingga selama Pandemi dan PPKM dijalankan, produksi telur asin terhenti.

Tim KKN UNS Kelompok 222 Desa Ngabeyan secara antusias mengajak Ibu-ibu PKH untuk kembali memproduksi telur asin. Pada tanggal 5 Agustus 2022, Tim KKN UNS bersama Ibu-ibu PKH memproduksi telur asin dengan kualitas asli sesuai dengan yang biasa dibuat oleh Ibu-ibu PKH. 

Kemudian untuk mengenalkan kualitas produksi telur asin khas Brebes, juga diproduksi dengan metode telur asin khas Brebes. Produksi yang dilakukan dan didiamkan selama kurang lebih dua minggu kemudian dilanjutkan dengan perebusan.

Foto Bersama Ibu-ibu PKH dan Teman-teman KKN UNS 222/dokpri
Foto Bersama Ibu-ibu PKH dan Teman-teman KKN UNS 222/dokpri

Dari hasil produksi yang dilakukan, harapannya dapat memberikan motivasi bagi Ibu-ibu PKH untuk dapat memproduksi kembali telur asin yang menjadi UMKM lokal Desa Ngabeyan. 

Dengan produksi yang dilakukan dengan metode telur asin khas Brebes juga dapat memberikan pandangan dalam produksi keberlanjutan yang dilakukan. Telur asin khas Brebes yang sudah terkenal akan lezatnya dan rasa yang memiliki ciri khas tersendiri dapat dijadikan sebagai referensi untuk memproduksi telur asin kedepannya. Sehingga telur asin hasil produksi lokal UMKM Desa Ngabeyan dapat lebih dikenal dalam lingkup yang lebih luas.

Penulis: Tim KKN UNS Kelompok 222 Periode July-Agustus 2022

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan