Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh.
Salam Sehat dan Bahagia
Berjuma lagi bersama saya, Devi Triana. Seorang guru SD yang saat ini sedang mengikuti pelatihan Calon Guru Penggerak Angkatan 5. Pada kesempatan ini saya menuliskan artikel tentang bagaimana merumuskan visi pribadi mengenai murid dan sekolah yang menumbuhkembangkan Profil Pelajar Pancasila. Dalam Pembelajaran Modul 1.3.a.3-Mulai dari Diri akan menggali pemahaman kita atas visi. Tujuan pembelajaran dari modul ini adalah Calon Guru Penggerak (CGP) mampu merumuskan visi pribadi mengenai murid dan sekolah yang menumbuhkembangkan Profil Pelajar Pancasila.
Arti kata visi menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah pandangan atau wawasan ke depan, apa yang tampak dalam khayalan. Visi itu bagaikan membayangkan sebuah lukisan lengkap pada kanvas yang masih kosong. Visi juga dapat diibaratkan sebagai bintang penunjuk arah yang memandu penjelajah untuk mencapai tujuannya.
Visi memang belum terjadi saat ini, namun begitu kuat kita inginkan untuk terwujud di masa depan. Visi adalah representasi visual kita akan masa depan. Penggambaran visi yang jelas tentang keadaan di masa depan dapat membantu kita untuk merencanakan dan menyelaraskan upaya-upaya mewujudkannya. Guru memang bukan Kepala Sekolah, namun jika visi seorang guru memiliki makna yang kuat maka visi tersebut berpeluang menghubungkan hati lebih banyak pihak hingga kemudian mengundang upaya kolaboratif demi mewujudkannya. Visi seorang guru harus dapat di-amini semua pihak karena sangat jelas keberpihakannya pada murid.
Sebagai Guru Penggerak memiliki peran untuk mengembangkan diri dan orang lain, memimpin pembelajaran, memimpin manajemen sekolah dan memimpin pengembangan sekolah. Peran ini memunculkan harapan bahwa ada hal besar yang diharapkan dapat dicapai di masa depan.
Sebagai Guru Penggerak kelak, akan berperan melampaui dinding dan pintu kelas di mana seorang guru mengajar. Oleh karena itu, Guru Penggerak perlu mengartikulasikan harapan besar mengenai dirinya, murid, rekan kerja, sekolah, dan kedigjayaan Indonesia dalam kalimat-kalimat yang sifatnya pribadi, sehingga paling tidak dapat menggerakkan hatinya, menyemangati dirinya, di tengah jatuh-bangun perjuangannya kelak.
Dalam memaknai bagaimana pentingnya visi tentang murid, Guru Penggerak membuat gambar yang bertemakan “Imajiku tentang murid di masa depan”. Untuk mempermudah, sertakan juga dalam gambar bagaimana lingkungan pembelajaran yang sesuai untuk murid sebagaimana dicita-citakan. Gambarkan situasi murid, peran guru, juga suasana sekolah sesuai dengan cita-cita. Konsentrasikan diri pada substansi pesan pribadi bukan pada keindahan gambarnya.
Sekian artikel saya tentang bagaimana mewujudkan visi pribadi.
Semoga bermanfaat.
Salam Guru Penggerak.
Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh.