Mohon tunggu...
Devin Sander
Devin Sander Mohon Tunggu... Pelajar Sekolah - A college student

Just make articles for fun

Selanjutnya

Tutup

Bahasa Pilihan

Meningkatkan Kemampuan Bahasa Inggris

5 Januari 2022   15:37 Diperbarui: 5 Januari 2022   16:23 526 3 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Sumber: earnperfectacademy.com 

Belajar bahasa inggris itu sangat penting terlebih di era sekarang. Di setiap sekolah menjadikan pelajaran bahasa inggris menjadi formalitas dan di dunia kerja terlebih di dunia bisnis internasional, kit akan banyak menggunakan bahasa inggris sebagai bahasa komunikasi. Namun, dirasa sangat kurang jika kita mempelajari bahasa inggris hanya di sekolah lewat buku teks. Terlebih belajar disekolah sangatlah terbatas waktu dan materi belajarnya, sangat mengandalkan guru. Kita bisa meningkatkan kemampuan bahasa inggris kita sendiri dirumah. Dalam bahasa, terdapat 4 skill yaitu reading, writing, listening, dan speaking. Berikut cara-cara meningkatkan bahasa inggris:

Listening
Ini merupakan hal yang amat penting dalam mempelajari bahasa apapun karena dapat meningkatkan akurasi ketika kita berbicara. Ketika kita ingin meningkatkan kemampuan listening kita, maka tentu harus mendengarkan. Kita bisa mulai dari yang mudah dulu seperti menonton kartun berbahasa inggris. Kemudian ditingkatkan lagi yangitu dengan menonton berbahasa inggris. Kita bisa menontotn YouTube dan menurut saya ini lebih menyenangkan karena kita bisa tayangan apapun yang kita sukai dengan durasi yang tidak terlalu panjang. Pastikan tontonan yang kita tonton mengedukasi, jadi kita tidak hanya belajar bahasanya saja tetapi juga mendapatkan ilmunya.

Speaking
Menurut saya, speaking berkaitan erat dengan listening karena ketika kita banyak mendengar, itu akan mempengaruhi cara kita berbicara juga. Tetapi untuk meningkatkan kemampuan Speaing tidaklah cukup jika hanya mengandalkan listening. Kita harus terjun langsung untuk berbicara dan mencoba terlibat dalam percakapan yang nyata. Tapi tentunya terdapat beberapa faktor yang mungkin bisa menjadi penghambat untuk kita mulai berbicara dalam bahasa inggris diantaranya lingkungan yang tidak mendukung, rasa percaya diri yang kurang karena jarang melatih, dan mungkin saat mencoba berbicara, kita sering terbata-bata karena tidak mengetahui apa yang ingin dibicarakan. Kita bisa memulainya dengan berbicara dengan diri sendiri atau di depan kaca. Bayangkan bahwa kita sangat percaya diri dan bagus dalam speaking dan jadikan ini menjadi habit hingga menunjukkn perubahan. Setelah itu coba untuk mencari speaking partner sehingga kita bisa meraskan rasanya benar-benar terlibat di percakapan bahasa inggris yang nyata. Jangan lupa untuk selalu menonton video youtube berbahasa inggris sehingga sedikit demi sedikit akan membuat kita terbiasa dan kita bisa dengan mudah meniru cara mereka berbicara.

Reading
Membaca merupakan proses yang dapat membantu kamu meningkatkan kemampuan berbahasa inggrismu karena ini bisa membuatmu terbasa dalam mengartikan frasa-frasa dan lainnya. Dan kunci terpenting dari bahasa adalah vocabulary. Bagaimana kita collect vocabulary sebanyak mungkin? Tentu dengan membaca sebanyak mungkin. Cobalah membaca buku, novel, koran, majalah, dan artikel di internet yang berbahasa inggris.

Writing
Menulis bisa menjadi tantangan tersendiri bagi kita terlebih yang masih awam dalam mempelajari bahasa inggris. Disini, kemampuan menulismu dan grammar mu akan sangat diuji. Tetapi dengan menulis, ini bisa membantu kita untuk lebih cepat menghafal kosa kata dan membuat kita terbiasa dengan pengejaannya sehingga suatu waktu kita perlu menulis sesuatu dalam bahasa inggris, kita tidak perlu kerepotan memikirkan bagaimana ejaan hurufnya. Kalau ingin meningkatkan writing skill tentunya kita harus mulai menulis. Tulis apapun yang dirasa penting ketika kamu menemukan kata atau frasa baru dalam bahasa inggris. Lakukan terus menerus. Lalu suatu waktu cobalah untuk menulis apapun tanpa mencontek apapun, menuliskan apa yang ada dipikiranmu tanpa mentranslate dengan translator.


Itulah beberapa cara meningkatkan kemampuan bahasa inggris.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Bahasa Selengkapnya
Lihat Bahasa Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan