Mohon tunggu...
Devina Nathalia
Devina Nathalia Mohon Tunggu... Devina

Devina Nathalia

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Berbagi dengan Sesama di Bulan yang Berkah

26 Mei 2021   02:00 Diperbarui: 28 Mei 2021   19:30 208 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Berbagi dengan Sesama di Bulan yang Berkah
berbagi-1-60ad4bb6d541df5bdd1087a2.jpg

berbagi-2-60ad4c3a8ede48369d76b1e2.jpg
berbagi-2-60ad4c3a8ede48369d76b1e2.jpg
berbagi-3-60ad4be6d541df7fb33ac1f2.jpg
berbagi-3-60ad4be6d541df7fb33ac1f2.jpg
berbagi-4-60ad4c658ede486b4f77a643.jpg
berbagi-4-60ad4c658ede486b4f77a643.jpg

Keutamaan berbagi dan memberi bukan hanya kepada mereka yang dicintai, tetapi berbagi dan memberilah kepada mereka yang membutuhkan. Berbagi dan memberi dengan orang lain adalah bentuk rasa syukur terbaik atas apa yang kita dapatkan.

Setiap tahunnya, ada satu bulan yang pasti selalu dirindukan oleh setiap umat Muslim di seluruh belahan dunia yaitu bulan Ramadhan. Bulan Ramadhan ini merupakan bulan yang penuh berkah, rahmat dan ampunan yang sangat ditunggu-tunggu oleh masyarakat Indonesia khususnya untuk umat muslim. Bulan dimana akan dilipatgandakan pahala sedekah. Sedekah adalah amalan utama yang pahalanya akan dilipatgandakan Allah SWT sampai dengan tujuh ratus kali lipat, dan lebih utama serta lebih dilipatgandakan pahalanya apabila sedekah tersebut diberikan pada bulan Ramadhan, karena mulianya bulan tersebut. Sedekah akan lebih efektif ketika dikeluarkan pada waktu dan sasaran yang tepat. Ramadhan memiliki peranan penting dalam membentuk karakter bagi seorang Muslim.

Bulan Ramadhan lebih dari sekedar mengajarkan puasa menahan lapar dan dahaga, namun juga merupakan saat dimana setiap muslim melatih diri untuk menahan segala hawa nafsu mereka dalam setiap tindakan dan perbuatan yang dapat merugikan, yang bersifat duniawi, dan yang selalu melekat pada diri kita sebagai manusia.

Pada bulan ini banyak kegiatan dan sarana untuk melakukan kebaikan dengan berbagi kepada sesama. Beragam kegiatan dilakukan umat muslim untuk berbagi. Berbagi makanan merupakan kegiatan yang dapat kita semua jumpai pada setiap bulan Ramadhan. Saya dan pemuda pemudi RT 004 menggunakan moment ini untuk membagikan makanan secara langsung untuk berbuka puasa kepada para ojek online dan masyarakat setempat yang kurang mampu. Pembagian makanan ini dilaksanakan pada Minggu (02/05/2021) dimulai pukul 15.00 WIB di sekitar Cengkareng, Jakarta Barat.

Semuanya saling bersinergi bersama-sama dalam mensukseskan kegiatan amal di bulan Ramadhan yang penuh berkah. Pemuda pemudi RT 004 terlihat sangat antusias dan bersemangat untuk membagikan makanan ini. Masyarakat sekitar juga sangat antusias ketika mendapatkan sembako. Selain rasa bahagia mendapatkan sembako ditengah kesulitan ekonomi saat ini, juga bahagia karena dapat bertatap muka secara langsung.

Makanan ini dibagikan secara gratis, sebanyak 100 paket makanan dibagikan sebelum waktu buka puasa. Sementara itu adanya kegiatan pembagian makanan sebagai bentuk rasa syukur kami kepada Allah SWT atas semua kenikmatan dan berkah serta masih diberikan kesempatan untuk menjalani ibadah puasa di tahun ini. Tujuan lain dari kegiatan ini yaitu untuk mempererat tali silaturahmi dalam bermasyarakat dan juga sebagai bentuk rasa sosial, menanamkan rasa tanggung jawab, dan meningkatkan rasa kepedulian saya terhadap masyarakat yang membutuhkan. Kegiatan ini sekaligus untuk membuka bulan Ramadhan ini dengan penuh rasa syukur.


"Melalui kegiatan ini kami ingin mengajak semua pemuda pemudi di Indonesia untuk lebih peduli kepada sesama, dengan memberikan sedikit rezeki kita dalam bulan Ramadhan ini dan dapat turun langsung untuk membantu masyarakat yang membutuhkan. Aksi bersedekah ini, selain sebagai ibadah, juga untuk melatih empati dan jiwa sosial pemuda pemudi kepada sesama seperti yang dilakukan oleh Rasulullah yang sangat menekankan pentingnya mengembangkan sikap peduli terhadap sesama. Apalagi banyak masyarakat yang terdampak wabah Covid-19 baik sosial maupun ekonomi," ujar Bapak Joko Ketua RT 004, Minggu (2/5/2021).


Melalui bulan Ramadhan ini saya, Ketua RT, dan pemuda pemudi RT 004 berharap sebagai titik awal untuk melakukan kebaikan dalam keseharian masyarakat RT 004. Semoga aksi berbagi ini menuai pahala dan keberkahan di bulan suci Ramadhan yang penuh kebaikan ini. Indahnya kebersamaan dan berbagi dengan sesama mampu mencairkan suasana dan mampu membuat orang lain tersenyum dikala banyaknya permasalahan yang sedang dijalani. Kebersamaan dan berbagi ini merupakan berkah dari Allah SWT yang harus kita semua syukuri.

VIDEO PILIHAN