Mohon tunggu...
Devina Oktaviani
Devina Oktaviani Mohon Tunggu... Mahasiswa - mahasiswa

seorang perempuan bernama Devina Oktaviani yang kini tengah bergulat dengan masa pendewasaannya. Lahir pada tanggal 3 Oktober 2003 di Kota Bandung sebagai anak ke-2 dari dua bersaudara. Memiliki hobi menyanyi, bermain gitar dan mempunyai ketertarikan dalam dunia pertunjukan terutama pada teater.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Geladi Hominisasi Universitas Parahyangan

4 Oktober 2022   18:06 Diperbarui: 4 Oktober 2022   18:09 81 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Geladi Hominisasi adalah program yang diselenggarakan oleh Lembaga Pengembangan Humanioria (LPH) Universitas Katolik Parahyangan. Program ini digelar sebagai media mahasiswa UNPAR untuk mengasah dan membiasakan diri agar mampu berpikiran logis terhadap bernegara. 

Di awali dengan pemberian tugas pra-Geladi yang berisi tentang bagaimana kita dapat berbudaya, berpikir logis dan berbahasa yang baik bagi bangsa dan negara. 

Disuguhkan beberapa pertanyaan terkait apa isu yang dihadapi kaula muda saat ini, juga beberapa referensi film dokumenter yang mendukung tema.

Pelaksanaan kegiatan geladi hominisasi ini dilaksanakan secara daring melalui aplikasi Zoom Meeting. Para peserta dibagi dalam beberapa kelompok dan masing-masing dari grup tersebut akan membahas satu topik yang berkaitan dengan tema budaya, bahasa dan logika.

Peserta akan dibawa berdinamika dengan rekan-rekan lintas jurusan untuk menganalisis isu yang disuguhkan. Setelah berdiskusi, setiap kelompok diminta untuk mempresentasikan hasil diskusinya. 

Presentasi terbaik tentu akan mendapat penghargaan. Dalam kegiatan Geladi Hominisasi ini para peserta dipacu untuk tetap aktif dalam memberikan gagasan. Kemudian, dilanjutkan oleh tugas pasca-Geladi yang berupa refleksi  tiap peserta setelah mengikuti program ini.

Banyak hal bermanfaat yang bisa didapat dari mengikuti program Geladi Hominisasi ini. Pengalaman yang didapatkan dari mengikuti program Geladi ini adalah kita tahu bagaimana cara yang tepat untuk berpikir logis, berbahasa yang baik bagi bangsa dan negara juga menghargai pendapat orang lain yang dimana itu penting terutama bagi generasi penerus bangsa.

Tidak hanya itu, acara ini menjadi media untuk mengasah softskill bagi para peserta. Kita diasah untuk dapat menyampaikan sebuah isu yang dihadapi kaula muda saat ini dengan menarik dan tepat sasaran, dalam waktu yang cukup singkat.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan