Mohon tunggu...
Devi Maya sari
Devi Maya sari Mohon Tunggu... Guru - Saya mahasiswa

Yuyu

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Selamatkan Ekosistem Pantai, Mahasiswa KKN RDR 77 Bersihkan Sampah Plastik di Pantai Bandengan Jepara

29 Oktober 2021   08:56 Diperbarui: 29 Oktober 2021   09:01 133 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Selamatkan Ekosistem Pantai, Mahasiswa KKN RDR 77 Bersihkan Sampah Plastik di Pantai Bandengan Jepara

Kudus, (27/10) Sore hari ini di pantai Bandengan kota Jepara tidak sama seperti hari- hari biasanya. Sejumlah mahasiswa KKN RDR angkatan 77 UIN Walisongo Semarang melakukan bersih- bersih di sekitar pantai Bandengan di kota Jepara. Dalam kegiatan yang di ikuti 15 orang mahasiswa ini bertujuan untuk mensosialisasikan kepada pengunjung dan  masyarakat sekitar akan pentingya kebersihan pantai dan menjaga keberlangsungan ekosistem pantai.

"Pada saat ini ekosistem dalam laut dan pantai sangat mengkhawatirkan, banyak hewan yang seharusnya  dilindungi memakan sampah- sampah plastik akibat perbuatan manusia yang membuang sampah sembarangan ke sekitar pantai dan laut. Kita sebagai mahasiswa harus memberikan contoh yang baik bagi pengunjung dan warga sekitar agar tentang pentingnya kebersihan lingkungan dipantai untuk menjaga keberlangsungan ekosistem dalam pantai." Ujar Chafid Koordinator KKN RDR UIN Walisongo Semarang.

Menjaga lingkungan sekitar pantai adalah salah satu bentuk yang sederhana akan tetapi berdampak besar bagi alam. Dengan membersihkan pantai kita dapat menjaga  keberlangsungan hidup ekosistem seperti terumbu karang, ikan- ikan dan menjaga keindahan dan keasrian pantai. Upaya  menjaga kebersihan lingkungan pantai dari sampah plastik harus terus dilakukan dengan kesadaran masyarakat akan pentingnya hal itu.  Pasalnya, plastik menjadi suatu hal yang tidak dapat terpisahkan dari manusia. Padahal, plastik merupakan limbah yang  buruk bagi lingkungan dan sulit untuk terurai. Dalam berbagai penelitian menyebutkan bahwa sampah plastik dapat terurai oleh tanah setelah tertimbun 200-400 tahun. Bahkan terdapat penelitian yang mengatakan bahwa limbah plastik akan terurai oleh tanah setelah 1000 tahun.

"Dalam kegiatan ini KKN RDR 77 UIN Walisongo sengaja membersihkan pantai ketika pengunjung sedang ramai berdatangan untuk melihat matahari terbenam. Hal ini dikarenakan kita sebagai generasi muda ingin memberikan edukasi kepada pengunjung akan pentingnya kebersihan lingkungan sekitar pantai. Dan kita juga berharap masyarakat dan pengunjung dapat mengerti dan memahami apa yang sedang kita lakukan untuk menjaga alam ini". Ujar Udin Mahasiswa KKN RDR 77 UIN Walisongo Semarang Devisi Pendidikan.

Pada Kegiatan ini mahasiswa mendapatkan respon yang positif dari warga sekitar pantai . Alex (26) selaku warga pesisir pantai berkata "Saya senang dengan adanya kegiatan bersih -- bersih pantai oleh para mahasiswa dari UIN Walisongo ini dikarenakan kegiatan ini bermanfaat bukan hanya untuk lingkungan sekitar dan manusia saja akan tetapi kehidupan bawah laut juga. Semoga melalui kegiatan ini warga dan pengunjung akan termotivasi ."

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan