Mohon tunggu...
Devi Mariya Sulfa
Devi Mariya Sulfa Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswa

Mahasiswa

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno

Mahasiswa UM Ciptakan ORSENTRY, Inovasi Sampo Padat Ramah Lingkungan dari Merang Padi

29 September 2022   15:50 Diperbarui: 29 September 2022   17:16 131 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

shopee-banner-orsentry-01-633570611368023ed6544012.jpg
shopee-banner-orsentry-01-633570611368023ed6544012.jpg

Lima mahasiswa Universitas Negeri Malang berhasil menciptakan inovasi sampo padat dari bahan alam yaitu merang padi yang bermanfaat untuk mengurangi rambut rontok dan dapat menghitamkan rambut secara alami dengan nama ORSENTRY. Mereka adalah Dina Febriyanti, Devi Mariya Sulfa, Syalwa Dida Wuryanti dari Biologi, Muhamad Riyan Bagus Widiyanto dari Ekonomi Pembangunan, dan Muhammad Zidan Ramadhan dari DKV. 

Terciptanya produk ini berawal dari mereka  yang tinggal di kos dengan daerah padat bangunan dan padat penduduk serta melihat tingginya produksi sampah plastik terutama sampah yang berasal dari kamar mandi berupa plastik produk kebersihan serta busa  yang menumpuk pada selokan dan sungai, sehingga membuat mereka terpacu untuk menghasilkan suatu produk sampo yang inovatif dan ramah lingkungan yaitu ORSENTRY.

Selain itu, kesadaran masyarakat mengenai kesehatan rambut dan peningkatan jumlah penduduk sangat berkorelasi dengan penumpukan sampah yang semakin meningkat yang diakibatkan oleh limbah plastik terutama dihasilkan dari kemasan sampo. Oleh karena itu, ORSENTRY hadir sebagai inovasi baru berupa sampo padat yang penyajiannya sangat praktis dan hemat serta tidak menimbulkan sampah bagi lingkungan. Keunggulan sampo padat merang ini dapat mengurangi rambut rontok, menghitamkan rambut, serta dapat digunakan sampai 85 kali pemakaian. 

Selain itu, kemasan yang digunakan juga biodegradable dan tidak menimbulkan limbah bagi lingkungan. Ketersediaan merang yang sangat melimpah terutama sebagai limbah pertanian selama ini ternyata belum dimanfaatkan secara optimal. Padahal merang memiliki kandungan senyawa seperti flavonoid, polifenol, protein, vitamin B1, dan zat besi. Semua kandungan tersebut dimanfaatkan dalam sampo padat ORSENTRY.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan