Mohon tunggu...
Deviilona Afiani
Deviilona Afiani Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Saya adalah wanita yang memiliki ambisi cukup tinggi, yang berusaha untuk menciptakan masa depan yang lebih baik.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno Pilihan

Kamu Harus Tahu! Ini Cara Efektif Self Healing Melalui Metode Self Talk

26 Juli 2022   20:25 Diperbarui: 26 Juli 2022   20:34 76 7 3
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Sumber: kumparan.com

Menjalani hidup di era sekarang memang lah sulit. Ditambah lagi kita dipaksa untuk menjalani hidup berdampingan dengan pandemi Covid-19 yang belum berakhir membuat berbagai macam aktivitas masih dibatasi oleh pemerintah. 

Ditambah lagi masalah perekonomian, harga bahan bahan pangan mengalami kenaikan. Hal ini menjadi permasalahan tersendiri bagi beberapa orang. Dengan demikian membuat angka orang yang mengalami stress semakin bertambah.

Stress dapat dialami oleh siapa saja tanpa memandang umur,baik dewasa atau anak-anak dapat mengalami rasa stress tersendiri. Rasa cemas atau stress ini dapat diatasi dengan self healing

Self healing adalah proses untuk menyembuhkan diri dari gangguan psikologis seperti trauma, patah hati, dan sebagainya. Namun self healing setiap orang tentu berbeda beda. Beberapa orang melalukan self healing dengan shopping , pergi ke pantai atau mendaki gunung.

Namun metode self healing yang paling efektif adalah dengan melakukan self talk. Self talk adalah proses dialog internal dengan diri kita sendiri. Self talk ini merupakan bagian dari komunikasi intrapersonal dimana individu melakukan komunikasi dengan diri sendiri menggunakan bahasa atau fikiran yang terjadi didalam individu itu sendiri dengan suatu subyek yang tidak tampak (misalnya Tuhan). 

Metode self talk ini sangat efektif dalam proses self healing karena kita menjadi semakin mengenal diri, kita menjadi tahu apa yang kita butuhkan dan kita dapat menciptakan rasa cinta terhadap diri kita sendiri.

Berdialog dengan diri sendiri akan membuat kita menciptakan persepsi baru terhadap suatu konflik. Namun persepsi yang diciptakan itu sendiri tergantung bagaimana kita memandang suatu konflik tersebut. 

Misalnya  saat usaha menjadi sepi karena terdampak Covid-19, kemudian kita melakukan komunikasi intrapersonal atau self talk kemudian kita memiliki pandangan positif terhadap konflik tersebut. 

Bahwa usaha sepi bukan berarti kegagalan harus ada cara baru untuk tetap membangkitkan usaha agar tetap ramai.

Dengan menciptakan persepsi baik maka kita dapat berpikir dengan jernih dalam memilih solusi dari konflik yang terjadi. Dari persepsi positif tersebut kita dapat menciptakan stimulus yang positif juga. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan