Mohon tunggu...
Devi Ervika
Devi Ervika Mohon Tunggu... Masih hidup

Penikmat imajinasi

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Menagih Utang Itu Seperti Berburu Harta Karun

30 Juni 2020   22:31 Diperbarui: 30 Juni 2020   22:20 11 5 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Menagih Utang Itu Seperti Berburu Harta Karun
Dok.pribadi

Menagih hutang sama berburu harta karun itu prinsipnya hampir sama. Keduanya sama-sama memburu harta yang 'sebenarnya ada' tapi seperti tidak ada.

Lelahnya sama, kalau harta karun mungkin lelah sama rintangannya, nagih hutang lelah sama kecewanya. Bedanya kalau harta karun harta lain orang kalau hutang harta sendiri yang dikejar.

Ngomongin harta karun aku jadi teringat anime one piece, yang mana Monkey D. Luffy sebagai tokoh utamanya dikisahkan sebagai bajak laut yang berburu harta karunnya Gol D. Roger, yaitu one piece.

Kalau di anime itu Luffy punya kekuatan karet dari buah gomu gomu no mi, sepertinya penagih hutang juga harus memelarkan karet kesabarannya dari buah pikir.

Saya tidak mengikuti serialnya sampai episode terahkir, tapi beberapa sumber menyebutkan bahwa sebenarnya one pice bukan seperti harta kebanyakan. One piece adalah tentang makna.

Jadi, sepertinya ada hikmah juga dibalik perburuan menagih hutang yang cukup menguras tenaga. Bisa jadi seseorang diuji kesabarannya lewat debtor yang sulit ditagih. Perburuan panjang in the world of debt adalah serangkaian uji kesabaran yang cukup 'seru'.

Maka sebaiknya para debt collector tidak menagih menggunakan emosi meskipun itu sulit, apalagi kalau sudah bertemu yang kelewatan. Tapi demikianlah fakta in the world of debt yang semoga dapat diambil hikmahnya.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x