Mohon tunggu...
Devi ClaraSatyavati
Devi ClaraSatyavati Mohon Tunggu... Guru - guru

saya suka menulis cerita, puisi. saya juga suka menyanyi

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Meningkatkan Kemampuan Kolase Anak dengan Membuat Hiasan dari Sisa Rautan Pensil Warna

28 September 2022   04:14 Diperbarui: 28 September 2022   04:18 269
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Kolase merupakan karya dua dimensi yang menggunakan berbagai macam paduan bahan. Bentuk tiga dimensi kolase dapat disebut dengan kolase tiga dimensi atau asemblase.

Tujuan kegiatan kolase yaitu mengembangkan imajinasi, kreativitas, rasa estetika, serta melatih kesabaran dan ketelitian sehingga keterampilan motorik halus anak atau peserta didik berkembang optimal sesuai dengan tema yang diharapkan.

Kolase bisa menjadi kegiatan yang mengasyikkan untuk anak, karena anak bisa berpikir kreatif, antusias saat kegiatan akan dimulai, terlebih untuk anak yang memiliki minat dan bakat pada Seni.

Apabila orangtua atau guru saat mengajarkan anak kegiatan kolase, anak terlihat takut pada saat menggunakan Lem, kemungkinan anak takut tangannya lengket atau kotor karena terkena Lem. Kita bisa mengajarkan anak menggunakan Cotton bud atau pembersih telinga saat mengoleskan lem.

Disini saya membuat hiasan untuk laptop yang terbuat dari kardus bekas dengan sisa rautan pensil warna. Alat dan bahannya sangat mudah, bisa ditemukan di sekitar kita.

Dibawah ini akan saya tuliskan alat dan bahan yang diperlukan, serta cara pembuatannya

Alat :  Gunting, penggaris

Bahan : Kardus bekas, lem, sisa rautan pensil warna, kertas hvs, spidol, cutton bud, double tape, gambar bebas yang sudah dipotong.

Cara pembuatan :

1. Potong kardus menjadi seukuran laptop, lalu lipat kardus seperti buku, lalu buat garis kotak besar untuk bagian layarnya dengan menggunakan spidol.

2. Tempelkan 2 kertas HVS yang sudah diukur sesuai dengan ukuran keyboard laptop dan laptop bagian luar atas, sebelumnya kertas HVS bisa ditempeli dengan double tape pada 4 sisinya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun