Mohon tunggu...
DEVI ANGGITANINGRUM
DEVI ANGGITANINGRUM Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswa

Pekerja Seni

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno

KKN UPI Bandung Bantu Posyandu di Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN) dan Penimbangan Bulan Balita di Desa Cimalaka

19 Agustus 2022   20:31 Diperbarui: 19 Agustus 2022   21:28 132 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Mahasiswa KKN Kelompok 124 wilayah Cimalaka ikut serta dalam pelaksanaan Bulan Imunisasi Anak Nasional dan Penimbangan Bulan Balita (Vitamin A) di Desa Cimalaka, Sumedang. Kegiatan ini merupakan salahsatu upaya pemerintah untuk menekan jumlah penurunan angka imunisasi akibat pandemi COVID-19.

Kegiatan tak luput dari pra aktivitas yang dilakukan sebelum diadakan program BIAN di Desa Cimalaka Kabupaten Sumedang. Para mahasiswa bersama perangkat desa mengadakan perkumpulan untuk pemberian arahan mengenai program BIAN. Pembekalan juga dilaksanakan dalam “Sosialisasi Persiapan Pelaksanaan Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN)” melalui zoom meeting pada tanggal 26 Juli 2022. Kegiatan zoom meeting ini didampingi oleh Dr. Reny Kurniawati Anton (Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit), Dadang Sulaeman, S.Sos., M.Kes (Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sumedang), dan Afip Permana, SKM., M.Epid (Kepala Seksi Surveillans dan Imunisasi).

Pelaksanaan dilakukan selama 7 hari dimulai dari tanggal 6-13 Agustus 2022. Wilayah Desa Cimalaka mencakup 7 titik posyandu, yaitu Posyandu Kenanga 1 (Margamulya), Posyandu Kenanga 2 (Margamulya), Posyandu Kenanga 3 (Pakemitan), Posyandu Kenanga 4 (Pakemitan), Posyandu Kenanga 5 (Pakemitan), Posyandu Kenanga 6 (Lembur Gedong), dan Posyandu Kenanga 7 (Lembur Gedong).

Alur pertama yang harus dilalui ibu dan balita setelah sampai di Posyandu adalah tahap Pendaftaran. Pada meja ini ibu akan ditanya terkait identitas anak. Kemudian di meja ini ibu akan diwawancara secara singkat mengenai keadaan anak pada saat itu. Apakah anak dalam keadaan sehat atau kurang sehat (demam, pilek, dsb). Data ini berfungsi untuk penentuan pemberian Imunisasi.

(Dok. KKN 124. Tahap Registrasi.)
(Dok. KKN 124. Tahap Registrasi.)
Tahap kedua adalah Penimbangan dan Pengukuran. Anak akan ditimbang menggunakan kiloan badan dan untuk bayi memiliki kiloan khusus. Selanjutnya anak akan di ukur tinggi badan, lingkar kepala, dan lingkar lengan. Setelah dicatat ibu dan anak akan diarahkan menuju ke meja entry data. Pengecekan dilakukan oleh kader menggunakan perangkat elektronik. Kader bertugas untuk mengumpulkan data anak yang akan di imunisasi.

(Dok. KKN 124. Penimbangan.)
(Dok. KKN 124. Penimbangan.)
(Dok. KKN 124. Penimbangan.)
(Dok. KKN 124. Penimbangan.)

(Dok. KKN 124. Pengukuran.)
(Dok. KKN 124. Pengukuran.)
Tahap ketiga adalah pemeriksaan gigi pada anak dan orangtua. Surat rujukan akan diberikan jika diperlukan. Selanjutnya pemberian Vitamin A dilakukan di meja yang sama. Untuk bayi berusia 6-11 bulan akan diberikan kapsul berwarna biru sedangkan anak usia 12-59 bulan akan diberikan kapsul berwarna merah.

(Dok. KKN 124. Pelayanan Kesehatan.)
(Dok. KKN 124. Pelayanan Kesehatan.)

(Dok. KKN 124. Pemberian Vitamin A.)
(Dok. KKN 124. Pemberian Vitamin A.)
Setelah mendapatkan Vitamin A, anak akan diarahkan menuju ke meja Imunisasi. Sebelum imunisasi data anak akan dicek ulang dan dilengkapi. Penyuntikan dilakukan oleh bidan Desa. Jika setiap tahap sudah dilalui, ibu dan anak dapat meninggalkan ruangan.

(Dok. KKN 124. Input data Imunisasi.)
(Dok. KKN 124. Input data Imunisasi.)

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan