Mohon tunggu...
Devi Novianti Fernanda
Devi Novianti Fernanda Mohon Tunggu... Operator - Writer • Motivator • Content Creator • Muslimah Preneur

Seorang muslimah yang sedang jatuh cinta dengan dunia kepenulisan. Menjadikan tulisan sebagai caranya untuk menebar manfaat, menasihati diri, dan berdakwah. Buku pertamanya yang berjudul "Sayap Hijrah" akan segera terbit. Instagram: @denov_fer. Facebook: Devi Novianti Fernanda

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama Pilihan

Menjadi Generasi Al-Fatih

5 September 2021   05:52 Diperbarui: 5 September 2021   15:21 101 4 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Menjadi Generasi Al-Fatih
Geulgram

Pastinya kalian mengetahui pahlawan Islam satu ini, kan? Siapa? Dia adalah Muhammad Al-Fatih, pemuda yang telah membuktikan perkataan Rasulullah. Pemuda yang menaklukkan Konstatinopel di usianya yang ke 21 tahun.

Pertama kali mendengar kisahnya, saya antara percaya dan tidak. Mungkin karena belum tahu apa-apa saya jadi berpikir seperti itu. Meski akhirnya saya mempercayai bahwa itu bukanlah kisah fiksi. Dari sini saya sadar, banyak sejarah Islam yang gemilang, tetapi tidak diketahui banyak orang, bahkan orang Islam sendiri.

Kemudian, saya merenung, membandingkan pencapaian Sultan Al-Fatih dengan diri saya. Tentu saja, sangat jauh hasilnya. Ini sekadar perenungan untuk memotivasi diri saya sendiri.

Saya berpikir, di usianya yang ke 21, beliau sudah menjadi sultan, bahkan mampu menaklukkan kota Konstatinopel yang begitu kuat. Lah, saya? Di usia 21 tahun, saya malah merasa belum punya tujuan hidup. Namun, ternyata bukan saya saja yang seperti itu. Banyak teman-teman saya atau mungkin ada di antara kalian yang merasakan hal yang sama.

Jika kita melihat sejarah hidupnya, kita akan lebih kagum dengan sosok pahlawan ini. Sangat layak Al-Fatih menjadi sosok luar biasa, yang bisa kita jadikan teladan setelah Rasulullah dan para sahabat, dengan segala pencapaian atau prestasinya.

Tokoh-tokoh seperti inilah yang harus kita jadikan contoh. Kita jadikan teladan dalam kehidupan. Pertanyaannya, bisakah generasi kita menjadi generasi segemilang Muhammad Al-Fatih? Apa mungkin?

Saya rasa itu bukanlah hal yang mustahil. Jika pilihan-pilihan kita sama seperti apa yang dipilih beliau. Jalan yang kita pilih sebagaimana pilihan beliau. Akan sangat mungkin generasi sekarang ini menjadi generasi yang luar biasa.

Memang apa saja pilihan atau jalan yang telah ditempuh Al-Fatih?

Pertama, menanamkan akidah. Sejak kecil Muhammad Al-Fatih telah ditanamkan akidah yang kuat. Keyakinannya kepada Allah serta janji Rasulullah membuat beliau tahu kemana harus berjalan. Sebab akidah yang kuat juga membuat seseorang tahu porsinya di dunia serta apa yang harus dia perjuangankan untuk akhirat. 

Akidah untuk seorang muslim memanglah sangat penting dan menjadi hal paling utama. Sehingga seseorang tidak akan hidup kecuali menjalankan apa yang Allah perintahkan. Serta hidup sesuai dengan tujuan penciptaan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan