Mohon tunggu...
Devaldi Caliesta Octadiani
Devaldi Caliesta Octadiani Mohon Tunggu... Freelancer - Seorang mahasiswa yang belajar menjadi seorang Jurnalistik

nama : Devaldi Caliesta Octadiani Tempat, tanggal, lahir : Jambi, 23 oktober 2000 status : Mahasiswa semester 1 di Universitas Amad Dahlan Yogyakarta motto : Berakhlak mulia & Berakal sehat

Selanjutnya

Tutup

Inovasi

Tantangan yang Dihadapi Indonesia dalam Era Teknologi & Informasi Sekarang ini (Era 4.0)

20 Desember 2019   20:39 Diperbarui: 20 Desember 2019   21:45 3653
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Teknologi merupakan metode ilmiah yang mempermudah semua aspek dalam kehidupan makhluk hidup terutama manusia, semua sarana yang diperlukan oleh makhluk hidup ataupun manusia untuk kelangsungan dan kenyamanan hidup sudah hampir bisa terpenuhi oleh teknologi pada era sekarang ini.

Seluruh dunia telah menciptakan dan mengembangkan teknologi dengan pesat dan sudah tidak bisa lagi terbendung pada era sekarang karena sangat bergantungnya manusia kepada teknologi. Termasuk Indonesia yang juga ikut dalam menciptakan dan mengembangkan teknologi. Dengan adanya teknologi di Indonesia memberikan dampak besar terhadap Indonesia dalam berbagai aspek sosial, ekonomi, pendidikan dll. Karena teknologi perkembangannya sangat cepat apa saja yang akan di hadapi oleh Indonesia terhadap era teknologi & infromasi ini.

Berikut ini ada beberapa macam tantangan yang harus dihadapi Indonesia untuk menhadapi era teknologi & informasi yang sangat berkembang pesat dan cepat,diantaranya yaitu:

  • Ekonomi Digital

Dalam menghadapi era Revolusi Industri 4.0 kita harus dapat memahami dinamika yang muncul dan mempersiapkan diri untuk perubahan yang akan terjadi kedepannya.Salah satu contoh perubahan drastis yang terjadi sekarang adalah ketergantungan kita terhadap teknologi internet.mau tidak mau,suka tidak suka dan kemanapun kita pergi kita tidak akan dapat menghindar dari Yang namanya perubahan teknologi yang begitu cepat ini.Dalam ekonomi digital kita harus menyiapkan perubahan besar dengan menjadikan internet sebagai sarananya,Nah di Indonesia sendiri kita sudah mempunyai platform digial yang cukup berkembang yang bergerak dalam bidang ekonomi pada jasa pengiriman barang online diantaranya yaitu Bukalapak dan Tokopedia.Hal ini merupakan kebanggaan tersendiri bagi kita dan kita harus terus mempersiapkannya lebih jauh agar kita tidak ketinggalan dalam menghadapi tantangan di era 4.0 ini.

Pendidikan ditujukan untuk mempersiapkan masa depan yakni menyiapkan anak untuk memiliki kompetisi yang relevan untuk kehidupan pada masa mendatang.Di era revolusi industri 4.0 ini kita dituntut untuk mempersiapkan Pendidikan yang berbasis digital dengan harapan dapat menumbuhkan kemampuan pelajar maupun nahasiswa untuk bersikap kritis dalam menghadapi teknologi, informasi dan kemampuan berkolaborasi.Dan berita bagusnya kita memiliki menteri pendidikan yang mengerti akan kebutuhan milenial dalam menghadapi era teknologi pendidikan ini dan sekarang beliau sedang melakukan gebrakan besar terhadap kemajuan pendidkan kita untuk kedepannya. Di Indonsia sendiri kita sudah punya platfom pendidikan yang berbasis digital yaitu RuangGuru. Sebagai pengguna RuangGuru,saya sendiri sudah merasakan betapa simple dan mudahnya akan pengajaran yang disampaikan sehingga kita dapat memahaminya dengan baik dan sekarang CEO RuangGuru,Belva Devara ditunjuk sebagai staf khusus kepresidenan untuk menghadapi kebutuhan milenial akan cepatnya perubahan teknologi pendidkan di masa depan nantinya

  • Keamanan Cyber

Kemudahan di era digital bak dua sisi mata uang.Di satu sisi,pemanfaatan teknogi digital menyajikan kenyamanan dalam mengakses data atau informasi namun disisi lain dapat memicu kmpleksitas dan ancaman cybersecurity(keamana Cyber).Hal ini merupakan penting bagi para pelaku usaha dan pemerintah untuk bisa cepat mengidentifikasi,mencegah dan merespon ancaman siber sehingga bisa terhindar dari potensi hilangnya data-data penting negara,reputasi perusahaan dan kepercayaan.


Itulah beberapa aspek yang akan dihadapi oleh Indonesia, sebagai rakyat indonesia kita harus mempersiapkan diri dalam menghadapi era ini dengan membekali diri dengan pengetahuan, pendidikan dan skill yang cukup untuk menghadapi era ini. bagaimana cara untuk mewujudukannya, berikut adalah beberapa solusi yang harus dilakukan oleh pemerintah maupun diri sendiri ;

  • Hal pertama yang harus dilakukan tentu mempersiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) nya terlebih dahulu, yaitu dengan mempersiapkan tenaga kerja yang handal dan berketerampilan khusus untuk bisa menrapkan teknologi terkini yang terus bergerak maju dan mengalami perubahan
  • Membangun transformasi digital yang kuat yaitu tentang visi dan misi strategis serta pendekatan secara bertahap yang dilakukan tidak hanya dengan mendapatkan wawasan tentang teknologi digital terbaru tetapi juga menemukan cara bagaimana tetap relevan dan memimpin persaingan di era revolusi industri 4.0 ini.
  • Membangun infrastruktur digital nasional. Indonesia akan melakukan percepatan pembangunan infrastruktur digital, termasuk internet dengan kecepatan tinggi  dan meninhkatkan kemampuan digital melalui kerja sama antara pemerintah dengan publik dan swasta  untuk dapat berinvestasi di teknologi digital seperti cloud,data center, security mangement dan infrastruktur broadband.
  • Pemerintah dapat Mensosialisasikan kepada masyarakat ataupun orang awam akan pentingnya teknologi bagi kehidupan di masa depan nantinya.
  • Menanamkan diri kita semangat untuk mengejar pendidikan, dan meningkatkan skill kita terutama dibidang teknologi.
  • Menanamkan sikap cinta negara agar teknologi ini tidak rumpang dari apa yang menjadi tujuan negara sendiri.
  • Meningkatkan Iman dan Akhlak agar teknologi tidak rumpang dari apa yang di ajarkan oleh agama.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Inovasi Selengkapnya
Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun