Mohon tunggu...
Dety Rahcmadanty
Dety Rahcmadanty Mohon Tunggu... Hallo

Kata adalah makna

Selanjutnya

Tutup

Lingkungan Pilihan

Kokedama si Bulat Penghias Rumah

17 Juli 2019   22:15 Diperbarui: 18 Juli 2019   21:37 0 2 0 Mohon Tunggu...
Kokedama si Bulat Penghias Rumah
Dok Pribadi

Bulat-bulat seperti bola, tapi kok di gantung? Apaan tuuuh. Ohh ini Namanya Kokedama. Kalian tau gak sih apa itu Kokedama? kokedama sendiri berasal dari kata Jepang yaitu, koke (lumut) dan dama (bola) jadi Kokedama adalah Tanaman yang berbentuk bola terbuat dAari lumut. Kokedama berawal dari kegemaran masyarakat Jepang akan Bonsai.

Tapi gak usah khawatir, kita juga bisa membuat Kokedama dengan kearifan lokal. Biasanya Kokedama terbuat dari lumut, tetapi ada bahan lain yang dapat digunakan yaitu Serabut Kelapa. 

Serabut kelapa yang biasa dipakai untuk membuat sapu ijuk ataupun pembuatan keset, sekarang bisa digunakan untuk bahan menanam seperti Kokedama.

Ohiya, tanaman yang bisa ditanam dengan bentuk Kokedama ini hanya tanaman hias ya, karena tanaman hias tidak ada masa panen sehingga tanaman Kokedama ini tidak perlu di bongkar pasang hehehe.

Menarik bukan? Bukan hanya negeri sakura saja yang mempunyai Kokedama hahaha. Pembuatan Kokedama berbahan serabut kelapa ini juga cukup mudah. Bahan-bahan yang disiapkan tentunya serabut kelapa, pupuk, bibit tanaman, dan jangan lupa benang wol untuk membentuk serabut kelapa menjadi bulat.

Perawatannya juga pun cukup mudah, Kokedama serabut kelapa tersebut cukup dicelupkan atau direndam ke dalam air selama 2 menit. Jika sudah selesai, Kokedama siap di gantung untuk dijadikan tanaman hias rumah.

Tertarik untuk membuatnya?