Mohon tunggu...
Detha Arya Tifada
Detha Arya Tifada Mohon Tunggu... Content Writer

Adrenaline junkie, Journalist, Content writer, Copywriter, see more about me at tifada.com

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan Pilihan

Sebelum Terlambat, Inilah Sederet Langkah untuk Sehat

10 November 2019   23:56 Diperbarui: 12 November 2019   10:22 0 0 0 Mohon Tunggu...
Sebelum Terlambat, Inilah Sederet Langkah untuk Sehat
ragam cara hidup sehat/ dethazyo

Semasa bekerja disalah satu kantor yang berfokus membudayakan gaya hidup sehat aktif. 

Tak jarang, saya yang sehari-hari bekerja sebagai content writer (yang akrab dengan menulis materi hidup sehat), sering kali menarik minat teman-teman sepermainan dalam hal bertanya dan melontarkan pertanyaan terkait "apa langkah terbaik untuk dapat hidup sehat?"

Tak hanya sekali atau dua kali dilontar, tapi sudah sering kali didengar (baik yang bernada bercanda hingga serius), sehingga mudah saja bagi saya untuk menjawab, soalnya cukup umum dan pilihan jawabannya relatif sama. Bahkan, jika diperlukan, diri pribadi hanya tinggal berucap "coba di google saja?" 

Jikalau benar-benar dituruti sampai mencari jawaban via mesin pencari, maka jelas, ragam jawaban muncul berupa artikel versi berita A, Berita B. 

Jurnal-jurnal kesehatan muncul versi penelitian A, penelitian B, sampai-sampai jawaban yang (tak) penting dari (banyaknya) website yang cuma modal mengoptimalisasi teknik Search Engine Optimization (SEO), (alias tujuannya cuma ngotot muncul di halaman pertama mesin pencari: berguna kagak, nyusahin iya) ikut-ikutan unjuk gigi.

Bisa dipastikan, Jawabannya tak mungkin jauh seperti kebanyakkan ahli kesehatan yang menyarankan 3 hal: yaitu menjaga pola olahraga, pola istirahat, serta pola makan. 

Saat ketiganya, diadaptasi dengan baik, niscaya harapan seperti yang digemakan oleh Chairil Anwar: "ingin hidup seribu tahun lagi" kemudian menari-nari di kepala.

Mengenai jawaban diatas, tentu tak ada keraguan akan hal itu. Cuman kalau mau di-review dalam hal mencari paling baik, maka pendapat dari Viktor E. Frank dalam bukunya yang berjudul "Man's Search for Meaning" mana kala menjawab pertanyaan apa makna hidup manusia sesungguhnya, bisa dijadikan sebagai acuan.

Ia berpendapat bahwa pertanyaan tersebut bisa disamakan dengan pernyataan yang diajukan kepada juara catur terkait langkah catur yang paling baik didunia. "Tentu saja, tak ada langkah terbaik, bahkan tidak ada langkah yang baik tanpa memperhitungkan situasi permainan dan kepribadian dari lawan main kita."

Baginya, Jawaban terbaik dapat diperoleh, kala pertanyaan tentang makna hidup, kemudian dibalik. Artinya, manusia seharusnya tidak bertanya apa makna hidupnya tetapi dia harus sadar bahwa dialah yang ditanya (dengan kata lain, manusialah yang ditanyai oleh hidup). Untuk itu, jawaban yang muncul ialah dengan cara bertanggung jawablah terhadap hidup.

Benar saja, karena memang hidup itu butuh tanggung jawab. Bahkan dalam ilmu logoterapi pun menganggap sikap bertanggung jawab sebagai hakikat utama eksistensi manusia.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
KONTEN MENARIK LAINNYA
x