Mohon tunggu...
Detha Arya Tifada
Detha Arya Tifada Mohon Tunggu... Content Writer

Adrenaline junkie, Journalist, Content writer, Copywriter, see more about me at tifada.com

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan

#PopUpPlayground, Dari Menjajal Sepeda Hingga Menjajal All New Sienta

1 Desember 2016   01:29 Diperbarui: 2 Desember 2016   00:32 57 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
#PopUpPlayground, Dari Menjajal Sepeda Hingga Menjajal All New Sienta
bersiap-siap untuk fun bike/ dethazyo

Menggerakkan gaya hidup sehat dimasyarakat umum merupakan sesuatu hal yang sukar. Pemerintah saja entah berapa kali mencanangkan program semisal Indonesia sehat, namun tak kunjung mendapat hasil yang maksimal.  Berbicara tentang membudayakan sehat, tak lagi berbicara tentang problema suatu kelompok, tetapi bagaimana membangkitkan semangat individu-individu agar tersadar bahwa kesehatan merupakan salah satu prioritas utama, yang nantinya dapat menjadi alat penggerak untuk menggapai ragam impian.

Belangkangan ini kesadaran itu mulai terlihat, orang-orang yang dulunya enggan beraktivitas fisik pada saat weekend, kini semakin tertarik mengunjungi pusat kota guna mencari serpihan semangat. Selain karena daya tarik dari hari bebas kendaraan bermotor atau yang lebih dikenal dengan car free day, adanya rangkaian acara #PopUpPlayGround dengan tema ‘Unlock Your Weekend Healthy Living,’ dapat dikatakan sebagai salah satu alternatif mencari keringat.

Saya pun akhirnya berkesempatan mengikuti salah satu rangkaian acara tersebut. kesempatan itu didapat langsung dari Toyota Sienta & Kompasiana. Kebetulan pada minggu pagi (27/11), aktivitas yang diangkat ialah fun bike. Mengetahui hal tersebut, saya berdomisili di ibu kota (Jakarta), subuh-subuh telah siap berangkat menggunakan bus bersama rekan-rekan lainnya menuju lokasi acara di The Down Town Parking Area Summarecon Mall Bekasi, Jl. Boulevard Ahmad Yani, Blok M Sentra, Bekasi Utara, Jawa Barat.

Awalnya sempat ragu bahwa aktivitas fun bike bisa di ikuti, perkara tak ada persiapan seperti sepeda yang tak dibawa, sempat menghantui. Ternyata dengan kebaikkan hati dari panitia, mereka turut mempersiapkan puluhan sepeda untuk digunakan dalam meramaikan acara.

suasana dimeja registrasi/ dethazyo
suasana dimeja registrasi/ dethazyo
Hal itu saya katakan sebagai awalan yang baik, karenanya, saya pun dengan semangat 45 langsung menuju meja panitia untuk registrasi dan setelahnya mendapatkan akses berupa gelang. Selain sebagai petanda peserta fun bike, gelang tersebut juga dapat digunakan untuk mendapatkan akses lainnya seperti sarapan pagi, makan siang, photo booth serta mendapatkan suvenir.

Fun Bike, Sarana Mengukur Diri

melewati bundaran ikonik summarecon/ dethazyo
melewati bundaran ikonik summarecon/ dethazyo
Meski hanya terdiri dari dua rangkaian kata, fun (Senang, menyenangkan) & bike (sepeda, bersepeda), namun tak semua orang setuju dengan anggapan bersepeda itu mudah, mengingat jarak yang akan ditempuh mencapai 7 km, dengan melewati 2 kali jalur menanjak.

Sebelum pelepasan peserta fun bike secara resmi, kebersamaan antara peserta tak jarang terekam. Ada yang sekedar ngobrol ringan dan adapula yang bercanda dengan rekan-rekannya. Setelah pluit tanda muali ditiupkan, saat itulah semua kemampuan meng-gowes sepeda dipertaruhkan. Karena tak semuanya peserta berada dalam tingkatan mahir dalam bersepeda, mengingat acara ini diikuti hampir seluruh lapisan umur mulai dari yang muda hingga tua.

seluarga pun ikutan fun bike/ dethazyo
seluarga pun ikutan fun bike/ dethazyo
Dalam perjalanan yang hampir seluruhnya berada di jalur car free day, adanya salah satu komunitas sepeda yang ada di Bekasi, FedTriot membantu jalannya fun bike, sehingga mampu memberi space kepada pesepeda dan orang-orang lain yang memanfaatkan hari bebas kendaraan bermotor.

semangat menggowes sepeda/ dethazyo
semangat menggowes sepeda/ dethazyo
Tak hanya itu, kala ada peserta yang mengalami kendala dengan tunggangannya, tak segan-segan salah seorang anggota komunitas langsung mendatangi dan membantu peserta. Langkah tersebut patut diapreasi, tanpa mereka yang selalu sigap membantu dan menyemangati, rasanya tak mungkin seluruh peserta fun bike dapat mengetahui euphoria melaju dari garis start hingga finish. Jika harus berterima kasih, maka berterima kasihlah pada mereka, karenanya, saya pun jadi mengingat sebuah petuah bijak, kita yang memulai, kita pula yang mengakhiri, right?

Membawa Balita? Tenang Saja, Ada Kids Traffic Park Kok!

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x