Mohon tunggu...
Desyta Rina Marta Guritno
Desyta Rina Marta Guritno Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Suka Menulis dan Membaca

Selanjutnya

Tutup

Foodie Pilihan

Ayam Geprek, Sajian a la Luar Negeri dengan Kearifan Lokal

8 November 2022   05:38 Diperbarui: 8 November 2022   05:39 224
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi Ayam Geprek (Pixabay/Bintang_Galaxy)

Siapa sih yang nggak kenal dengan ayam krispi dari luar negeri yang franchise-nya tersebar di seluruh dunia itu? Bahkan ada banyak perusahaan makanan lain yang mengikuti konsep makanan tersebut. Uniknya, kita orang Indonesia juga punya ayam krispi yang dikreasikan dengan kearifan lokal, namanya ayam geprek.

Ayam geprek adalah ayam goreng dengan balutan tepung krispi yang gurih lalu digeprek dan dicampur dengan sambal. Kayaknya nggak ada yang nggak kenal dengan makanan satu ini ya, citarasanya cocok di lidah orang Indonesia sehingga menjadikan ayam geprek ini cepat populer.

Ada banyak cara membuat ayam geprek, semua tergantung pada selera masing-masing. Dimulai dari membuat ayam krispinya, ada yang suka tepungnya super keriting dan tebal, ada juga yang suka tepungnya tipis tapi tetap renyah. Sebagian orang memarinasi ayam dengan bumbu-bumbu agar rasa gurihnya sampai ke dalam, tapi ada juga yang langsung melumurinya dengan tepung.

Begitupula dengan pembuatan sambal geprek, ada banyak jenis sambal yang digunakan. Tapi pada dasarnya, sambal ayam geprek dibuat hanya dengan bawang putih, garam, dan cabai saja. Saking banyaknya penjual ayam geprek saat ini, mereka berlomba menciptakan variasi sambal yang lain dari yang lain.

Kunci dari kelezatan ayam geprek ini tidak hanya dari sambal atau tepungnya saja, perpaduan semua bahan serta cara mengolahnya harus pas agar menciptakan rasa yang nikmat. Jadi, kita nggak melulu merasakan ayam krispi yang  dimakan dengan saus cabe dan tomat atau sambal yang dimakan dengan tahu dan tempe.

Menggabungkan dua makanan yang berbeda asal-usul itu ternyata berhasil menciptakan satu menu yang bisa diterima di lidah banyak orang. Dapat dibuktikan dengan banyaknya pengusaha makanan yang menciptakan menu ayam geprek, mulai dari pengusaha warung kecil hingga restoran, menu ini pun sekarang juga masuk dalam jajaran comfort food orang Indonesia.

Dari sekian banyak variasi ayam geprek, kamu paling suka yang versi mana? Kalau ada waktu, boleh banget coba bikin sendiri di rumah dan menciptakan ayam geprek versi kamu sendiri.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Foodie Selengkapnya
Lihat Foodie Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun