Mohon tunggu...
Desy Lim
Desy Lim Mohon Tunggu...

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Berpikir Positif?

8 Mei 2015   19:21 Diperbarui: 17 Juni 2015   07:15 398 1 0 Mohon Tunggu...



Berpikir positif merupakan suatu cara berpikir yang menekankan pada hal-hal yang positif, baik terhadap diri sendiri, orang lain dan keadaan yang di alami. Bagi pemikir positif dalam melihat suatu masalah yang di hadapi , mereka akan mengganggap dengan polos, sehingga tidak mudah terpengaruh dan tidak mudah putus asa oleh berbagai tantangan ataupun hambatan yang dihadapi nya. Dengan berpikir positif orang tersebut biasa nya akan menghadapi suatu masalah berdasarkan fakta bahwa setiap masalah pasti ada jalan keluar nya.

Dengan berpikir positif memiliki banyak dampak yang positif dalam kehidupan, kesehatan, maupun usaha yang di jalani. Karena dengan cara berpikir kita akan membentuk kebiasaan, tingkah laku, cara bicara dan bagaimana cara orang itu berpikir. Contoh nya jika orang itu memiliki pemikiran yang positif pembawaan nya akan tampak lebih tenang, optimis dan percaya diri. Sebalik nya juga jika orang itu memiliki pemikiran yang negatif pembawaan nya akan berbanding terbalik dengan pemikiran positif, akan tampak lebih takut gagal, pesimis, dan rendah diri.

Ciri – ciri orang yang berpikir positif :

1.Orang yang berpikir positif akan mengakui bahwa ada nya masalah, tetapi bagi pemikir positif ia akan meyakini bahwa setiap masalah ada jalan keluar nya.

2.Orang yang berpikir positif akan konsisten.

3.Orang yang berpikir positif akan percaya pada kemampuan, keterampilan, dan bakatnya.



Selain itu, dampak positif yang di dapat dari berpikir positif yaitu :

1.Meningkat kan kepercayaan diri.

Dengan berpikir positif biasa nya orang melihat keadaan dengan hal-hal yang positif, Contoh nya jika kita ada dalam suatu kejadian dimana kita mendapatkan pekerjaan yang sangat sulit, sehingga membuat kita menjadi merasa terbeban. Biasa nya orang yang berpikir positif akan mampu menenangkan pikiran nya dan meyakinkan diri nya bahwa dia mampu melakukan nya, karena biasa nya jika orang yang berpikir positif ia akan selalu berpikir bahwa setiap masalah atau kejadian pasti ada jalan keluarnya. Sementara bila orang yang berpikir negatif ia akan lebih cepat mengeluh , dan tidak merasa yakin mampu mengerjakan nya karena dia tidak yakin pada diri sendiri.

2.Mampu meningkatkan kesehatan.

Dengan berpikir positif juga mampu menghilangkan stres. Jika kita terlalu ragupada diri sendiri mengakibatkan kita merasa tidak yakin dalam mengerjakan sesuatu, Jika kita merasa tidak mampu atau terbeban berat, kita akan terus – terusan memikir kan nya. Sehingga dapat membuat kita menjadi tertekan yang berakibat menjadi stres. Jika kita mau mencoba untuk berpikir positif untuk meyakinkan diri sendiri, dan perasaan tertekan yang mengakibat kan stres akan hilang perlahan lahan.

3.Mampu meyakinkaan untuk sukses.



Dengan berpikir positif biasa nya orang itu akan melihat ada nya peluang untuk sukses. Dimana dengan peluang itu mereka akan membentuk kepercayaan pada diri nya bahwa apa yang di kerjakannya mampu merubah hidup nya menjadi sukses dan pantang menyerah untuk menyelesaikan nya.

Cara untuk berpikir positif.

1.Bersyukur.

Jangan terlalu iri kepada apa yang dimiliki orang lain. Karena jika kita mau ini itu tetapi tidak dapat di penuhi kita akan merasa kesal. Jika kita mencoba untuk bersyukur atas apa yang kita miliki, kita merasa diri kita jauh lebih berharga.

2.Selektif dalam bergaul.

Yang di maksud dengan selektif dalam bergaul disini tuh , memilih teman yang baik , yang selalu memberi dukungan, semangat dan motivasi. Terkadang jika kita memiliki lingkungan pertemanan yang selalu berpikir negatif ,tanpa disadari kita akan seperti itu juga.

3.Istirahat yang cukup.

Setiap orang perlu istirahat untuk menenangkan pemikiran.Karena dengan istirahat, kita dapat menyegarkan pemikiran dari rasa khawatir.

4.Mengubah yang tidak bisa menjadi bisa

Jika kita mampu atau bisa melakukan apa yang kita hadapi. Kita akan merasa lebih senang dan tidak tertekan. Nah disini kita belajar untuk meyakini diri sendiri, apa yang kita ketahui kita tidak mampu melakukan nya, yakinilah diri mu bahwa kamu bisa melakukan nya.

5.Motivasi diri sendiri

Dengan kata – kata motivasi akan membuat kita lebih semangat untuk menyelesaikan suatu tujuan.

Berikut adalah cara bagaimana untuk berpikir positif, kendalikan lah pemikiran mu dengan baik dan jangan biarkan masalah menghantui mu dan membuat anda menjadi tidak semangat untuk mencapai tujuan atau cita-cita mu dan tetap sehat. Semoga beberapa cara ini bermanfaat bagi kalian ya.




VIDEO PILIHAN