Mohon tunggu...
Desy Putri
Desy Putri Mohon Tunggu... Pemerhati Pendidikan

Try to different ways

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Sepuluh Jurusan Favorit di Perguruan Tinggi

5 Oktober 2019   21:32 Diperbarui: 5 Oktober 2019   21:46 102 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Sepuluh Jurusan Favorit di Perguruan Tinggi
majoring-in-university-5d98acd2097f366bcb2963b2.jpg

Seiring berjalannya waktu,  calon mahasiswa harus sudah mulai memikirkan dan menentukan jurusan yang akan dipilih sejak pendidikan di sekolah lanjutan tingkat atas. Mereka harus mulai mencari tahu jurusan yang tepat bagi mereka dan menjadi masa depan mereka. Jurusan yang dipilih sebaiknya jurusan yang memang mereka sukai dan dapat memberikan peluang masa depan yang baik bagi mereka.

Sebagaimana telah dibahas dalam artikel saya "Tepat Memilih Ringan Menjalani", calon mahasiswa sebaiknya mencari tahu jurusan-jurusan yang ada saat ini. Berangkat dari latar belakang pendidikan yang berbeda-beda, baik jurusan IPA, IPS maupun SMK, calon mahasiswa dapat menentukan sendiri jurusan yang akan diambilnya ketika memasuki jenjang pendidikan sarjana.

Di perguruan tinggi itu sendiri banyak sekali pilihan jurusan yang disediakan. Berikut ini sepuluh teratas pilihan jurusan yang paling diminati :

Kedokteran

Jurusan Kedokteran merupakan jurusan yang paling banyak diminati dari tahun ke tahun. Perjalanan panjang akan kalian temukan di jurusan kedokteran, dimana kalian harus berjuang untuk meraih gelar Sarjana Kedokteran dan untuk dapat praktek sebagai dokter, kalian harus mengambil jenjang pendidikan lanjutan (tahap klinik) yaitu sebagai asisten dokter (co-ass) serta terjun praktek.

Agroteknologi

Berdasarkan asal dari namanya,  Agroteknologi terdiri dari kata agro dan teknologi. Agro merupakan ilmu yang mempelajari tenang tanaman dan segala sesuatu tentang tanaman. Sedangkan teknologi merupakan ilmu yang berdasarkan pada proses penerapan dan perekayasaan. Sehingga dapat disimpulkan bahwa agroteknologi adalah ilmu yang mempelajari hal-hal yang berkaitan dengan proses penanaman pertanian dan rekayasa  pertanian.

Ekonomi Manajemen

Ekonomi Manajemen merupakan program studi yang mempelajari bagaimana merencakan, mengatur dan mengelola setiap proses baik itu proses yang sederhana maupun yang kompleks, untuk dapat mencapai tujuan tertentu.

Hukum

Ilmu Hukum merupakan program studi yang berpusat pada praktek hukum. Ilmu Hukum ini membantu masyarakat dalam mengatur keteraturan dan ketertiban hidup, mana yang boleh dan tidak boleh dilakukan, baik yang terkait dengan hukum pidana maupun perdata.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN