Mohon tunggu...
Desty Febrianti
Desty Febrianti Mohon Tunggu... Lainnya - want to learn about everything

a film and television student with a focus on film production.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

"Ojol Sepi Orderan, Namanya Juga Hidup ya Jalani Saja"

13 April 2021   23:50 Diperbarui: 14 April 2021   00:32 189
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dari berbagai sumber ada keluhan bahwa ojek online saat ini sepi orderan penumpang, akhir-akhir ini mereka mendaptkan orderan kirim barang dan memesan makanan. "Belum ada bawa penumpang mas, orderan sepi sekali, paling sehari dapat dua kali order itu juga antar makanan," ujar Abdul, Rabu (10/6/).   Tak hanya sepi orderan penumpang, merekapun mengeluh dengan adanya orderan fiktif dari masyarakat yang jail. 

(29/03/21) Di jl. Pluto Utara Saya bersama teman saya, melakukan wawancara langsung turun ke lapangan untuk menemui mereka dan bertanya langsung serta memberikan beberapa pernyataan lewat google form. 

dokpri
dokpri
Ada beberapa pernyataan yang kami buat,ini adalah salah satu pernyataan yang kami tuliskan melalui media google form. ' menurut saya penghasilan ojek online menurun saat pandemi' dengan 44% setuju bahwa saat pandemi penghasilan ojek online menurun,52% sangat setuju bahwa ojek online mengalami penurunan penghasilan, lalu 4%nya mereka memilih sangat tidak setuju.  

Sembari mereka mengisi google from yang kami buat, saya menanyakan secara langung kepada mereka " apakah orderan fiktif masih ada ? " "Masih teh banyak, kadang saya suka sedih uangnya bisa buat saya sama keluarga taunya saya di tipu beli 5 minuman,tapi akhirnya ada yang mau bantu sesama ojol saling beli,biar saya ga rugi banget,tolong banget ke masyarakat jangan order fiktif kalo ada uang ya beli . kalo gaada gausah" Ujarnya salah satu driver ojek online. 

saya melontarkan pertanyaan lagi "lalu bagaimana dengan masa pandemi penghasilan jadi menurun?" "ya mau gimana lagi teh namnaya juga hidup gapapa kalo kata orang sunda mah di keureyeuh weuh  nikmati bissmilah semoga berkah" ujarnya salah satu driver ojek online yang mengumpul disana. 

Kami sangat terharu dengan semangatnya driver ojek online, walaupun penurunan penghasilan, mereka atau kami semua ingin bahwa negara indonesia cepat pulih dan berjalan seperti biasanya. 

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun