Mohon tunggu...
Desti ShintaKurniawati
Desti ShintaKurniawati Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa PGSD

Saya merupakan salah satu mahasiswa program studi PGSD di salah satu kampus swasta terbaik di kota Magelang

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Penguasaan dan Implementasi Literasi Data, Teknologi, dan Manusia Guru SD

24 Januari 2022   00:29 Diperbarui: 24 Januari 2022   00:33 114 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

Literasi saat ini menjadi pembahasan hangat dalam dunia pendidikan. Literasi sendiri merupakan kemampuan membaca dan menulis (Yunda & Erwanto, 2020). Literasi merupakan hal yang harus dikuasai oleh guru dan siswa. Literasi yang harus dikuasai guru yaitu literasi data, teknologi, dan manusia. 

Menurut Yunda & Erwanto (2020), literasi data merupakan sebuah kemampuan dalam membaca, menganalisis, dan membuat sebuah pemikiran berdasarkan data dan informasi (big data) yang didapatkan. Literasi teknologi yaitu merupakan kemampuan dalam memahami teknologi terutama mesin. Sedangkan, literasi manusia adalah kemampuan seseorang dalam berkomunikasi, kolaborasi, berfikir kritis, kreatif, dan inovatif. Jadi dapat disimpulkan bahwa literasi data, teknologi, dan manusia merupakan suatu hal penting yang harus dimiliki guru karena semua kemampuan tersebut sangat penting dalam kegiatan pembelajaran apalagi di masa pandemic seperti ini.

Berdasarkan hasil informasi yang didapatkan, penguasaan literasi data, teknologi, dan manusia guru dapat dikatakan sudah baik. Namun, sebenarnya masih perlunya peningkatan pemahaman terutama pada teknologi data. Saat ini masih terdapat guru yang mengetahui terkait portal-portal data yang bisa digunakan atau bisa membantu profesi seorang guru salah satunya guru berbagi. 

Menurut narasumber yang penulis wawancarai yaitu Miftachul Aniftya yang merupakan teman sejawat penulis berpendapat "menurut saya saat ini guru harus menguasai ketiga literasi baru, yaitu literasi data, teknologi, dan manusia mengingat saat ini sudah berada di era revolusi 4.0 dimana teknologi semakin maju dan kedepannya akan semakin maju." Berdasarkan hal tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa kemampuan literasi data teknologi dan manusia guru SD sudah bisa dikatakan baik, apalagi di masa pandemi seperti ini yang menuntut guru mampu memanfaatkan teknologi dengan sebaik mungkin.

Ketika seorang guru mampu menguasai literasi data, teknologi, dan manusia, mereka akan mampu untuk menerapkannya. Penerapan yang dilakukan ini bisa membantu profesi para guru dalam setiap harinya terutama guru sekolah dasar. Adapun penerapannya yaitu:

  • Literasi data: literasi data dapat diimplementasikan seperti ketika seorang guru membutuhkan RPP yang kreatif dan membutuhkan sebuah referensi, maka guru dapat memanfaatkan portal guru berbagi. Di dalam portal tersebut tersedia banyak sekali pilihan RPP mulai dari kelas 1-6semua tema dan mata pelajaran. Selain itu juga terdapat RPP SMP dan SMA/K.
  • Literasi teknologi: literasi teknologi ini dapat diimplementasikan dalam kegiatan pembelajaran. Ketika seorang guru mampu menguasai teknologi maka akan tercipta kegiatan pembelajaran yang menyenangkan. Terlebih saat ini sedang masa pandemic, dimana guru dituntut mampu menggunakan teknologi untuk kegiatan pembelajaran.
  • Literasi manusia: Implementasinya yaitu seorang guru mampu menjadi guru yang komunikatif dan menyenangkan, dimana ketika pembelajaran daring siswa cenderung tidak fokus dan malah tergiur dengan hal lain yang ada di gadgetnya, maka seorang guru harus memiliki kemampuan literasi manusia.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan