Mohon tunggu...
destini solihah
destini solihah Mohon Tunggu... Young Enterpreneur

Selama itu baik apaboleh buat. Alloh itu Romantis, seromantis bagaimana Dia menjaga kita dari rayuan iblis

Selanjutnya

Tutup

Bahasa

Apa Sih Bagusnya Bahasa Arab?

6 September 2019   10:20 Diperbarui: 6 September 2019   10:45 0 0 0 Mohon Tunggu...

Apa sih bagusnya bahasa Arab?

Dewasa ini, bahasa Arab hanya dipandang sebalah mata. Sebutan kuno bahkan sok agamis bagi mereka yang berbicara bahasa Arab. Anggapan seperti ini lah yang akan menyusutkan semangat pelajar bahasa Arab.

Padahal, bahasa Arab memiliki banyak makna tersirat yang mengetahuinya pun hanya segelintir orang. Mulai dari huruf-huruf hijaiyah yang menyimpan makna filosofis. Hingga ilmu kebahasaan bahasa Arab yang tidak semuanya dimiliki bahasa lain.

Contoh kencil dapat diambil dari sebagian kecil bahasa Arab. Karena bahasa Arab ini ditulis dengan huruf-huruf hijaiyah, mari kita kupas sebagiannya terlebih dahulu. Lalu bagaimana dengan sisanya? Bisa di lanjutkan diterbitan yang akan datang.

Mari dikupas dengan seksama!

  • (alif) : alif berdiri tegak berdiri kokoh melambangkan Allah swt., Tuhan Yang Maha Esa berdiri tegak sendiri tiada Tuhan selain Dia.
  • (ba) : berasal dari Sifat Wajib Allah Yang Baqa yang artinya kekal, abadi dan ada walaupun dunia telah musnah.
  • (ta) : berasal dari kata taubah-taaba-yatuubuu yang artinya menerima taubat hamba-hamba-Nya.
  • (tsa) : berasal dari kata ats-tsaabit yang memiliki arti menetapkan, yakni menetapkan iman yang ada dalam diri hamba-hamba-Nya.
  • (ja) : berasal dari kata jalla tsanauhu yang memiliki arti tPujiannya yang tinggi, nama-Nya akan selalu tinggi tiada batas.
  • (ha) : berasal dari kata Haq yang Maha benar, benar segala-Nya dan tidak ada kecacatan pada Dzat-Nya yang suci nan agung.
  • (kha) : berasalh dari kata khabiir yang mmpunyai arti bahwa Alloh swt. adalah Dzat Yang Maha mengetahui segalanya, sekalipun hamba-hamba menyembunyikan rapat-rapat rahasianya.
  • (da) : berasal dari kata Dayyanul-yaumud-diin yang artinya Allahlah yang menguasai hari kebangkitan. Dan ini menunjukan bahwa setelah mati akan ada hari dimana kita akan hidup kembali. Serta Allah yang menguasai segalanya.
  • (dza) : berasal dari kata Dzul-jalaali wal-ikraam, yang memiliki arti bahwa Dia Dzat yang Memiliki Kebesaran dan Kemuliaan. Tidak ada yang lebih besar dan tidak ada yang lebih Mulia dari Yang Maha memilikinya.
  • (ra) : berasal dari kata rahman rahim Yang mana Alloh adalah Dzat Yang Maha Pengasih dan Penyayang, sehingga tidak heran jika kita selalu diberi kenikmatan oleh-Nya walaupun cara beribadah kita tidak seperti apa yang kita pinta.

Cukup sampai sini saja. Maaf atas ketidaknyamanan pembaca. Sisanya akan dilanjutkan kemudian.

KONTEN MENARIK LAINNYA
x