Mohon tunggu...
Destina Puji Rahayu
Destina Puji Rahayu Mohon Tunggu...

Suka sekali dengan warna biru\r\nPelajar yang ingin terus belajar :D

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Sekedar untuk Referensi Membaca Anda

2 Desember 2011   14:50 Diperbarui: 25 Juni 2015   22:55 241 0 0 Mohon Tunggu...

Tulisan ini saya buat semata-mata karena hobi membaca novel yang tidak bisa saya kendalikan sejak SMP. Dari sekian banyak novel yang saya baca, entah itu hasil dari pinjam buku di perpustakaan, malak novel teman :P atau numpang baca gratisan di Gramedia ada lima novel (novel terjemahan dan novel lokal) yang menurut saya benar-benar bagus, dilihat dari isinya maupun covernya tidak mengecewakan :D. Inilah novel-novel yang menurut saya akan menjadi novel favoritku untuk sekarang ini sampai muncul novel-novel bagus lainnya :

1.Stargirl Caraway

Novel teenlit karya Jerry Spinelli ini saya baca ketika kelas satu SMP, melihat covernya yang unik membuat saya tertarik untuk membacanya. Stargirl Caraway merupakan cewek unik dan misterius di sekolahnya. Tidak ada yang tahu asal-usul stargirl. Namun sikapnya yang nyentrik membuat dia cukup dikenal. Setiap hari dia pasti mencari-cari siapa diantara temannya yang berulang tahun hari ini dan memberikan surprise untuknya. Klimaksnya stargirl akhirnya terpilih menjadi anggota tim pemandu sorak. Teman-temannya yang pada awalnya enggan dekat-dekat dengannya beralih mengidolakannya. Tak terkecuali dengan Leo Borlock yang ternyata jatuh cinta pada Stargirl. Namun keadaan ini tak berlangsung lama, karena sikap Stargirl yang enggan ikut menyoraki tim lawan yang kalah dalam pertandingan membuat teman-temannya marah dan menjauhinya. Begitu juga dengan Leo Borlock, sebenarnya dia masih menyimpan cinta pada Stargirl namun karena dia tak ingin dianggap “berbeda” dari teman-temannya akhirnya Leo Borlock menjauhi Stargirl. Bagaiman kelanjutan ceritanya?penasaran? baca novelnya J

2.The Kite Runner

Pertama kali lihat sinopsis bukunya saya langsung tertarik untuk membacanya. The Kite Runner adalah novel karya Khaled Hosseini, berlatarkan di kota Kabul, Afganistan dari tahun 70an saat kota Kabul diliputi kedamaian, lalu masa-masa komunis dan terakhir saat kekuasaan Taliban pada tahun 2000an. Novel ini memiliki makna kuat tentang persaudaraan, pengkhianatan, penderitaan dan kasih sayang. Amir kecil menyesali ketidakberaniannya membela Hasan ketika segerombolan anak menyerang Hasan secara tiba-tiba. Ia memilih melarikan diri dan meninggalkan sahabatnya. Amir telah mengkhianati Hasan dan menyingkirkan dia dari kehidupannya. Setelah Hasan pergi, rasa bersalah kembali menghantuinya hingga ia dewasa. Seperi layang-layang putus, sebagian dari dirinya terbang bersama angin. Tetapi, masa lalu yang telah terkubur dalam-dalam pun senantiasa menyeruak kembali. Hadir membawa luka-luka lama. Lalu bagaimanakah Amir menghadapi kenangannya yang mewujud kembali?

3.Traveler’s Tale Belok Kanan : Barcelona

Saya mendapatkan novel ini dari kakakku yang paling ganteng tapi bohong hehehe, awalnya sih nggak tertarik buat baca tapi berhubung lagi nggak ada stok bacaan mau ngak mau saya baca aja nih novel. Ehhh ternyata dari halaman awalnya saja ceritanya sudah menarik, jauh dari kata membosankan. Dengan membaca novel ini kamu bakalan dibawa oleh penulis terbang dari satu kota menuju kota lainnya di benua yang berbeda. Novel ini merupakan novel keroyokan karya Aditya Mulya, Ninit Yunita, Alaya Setya dan Iman Hidajat. Tokoh novelnya pun ada empat, mereka adalah Farah, Jusuf, Retno dan Francis (setiap penulis mewakili satu karakter tokoh tersebut, entah siapa menulis tokoh siapa). Farah, Retno, Jusuf, dan Francis adalah empat orang sahabat yang bekerja di kota berbeda menyebar di seluruh dunia. Farah bekerja di Hanoi Vietnam, Retno di salah satu kota besar di Eropa, Jusuf di Cape Town Afrika dan Francis di USA. Ternyata dalam persahabatan mereka tersimpan kisah cinta segitiga yang menyesakkan dada. Farah yang dari dulu sudah menyukai Francis, namun dia harus rela cintanya bertepuk sebelah tangan karena Francis lebih mencintai Retno. Namun sayang Retno tidak bisa menerima cinta Francis karena suatu hal. Bagaimana dengan Jusuf? Ternyata dia tergila-gila dengan Farah dan ia harus rela menghadapi kenyataan bahwa Farah tidak mencintainya . Nah, klimaksnya adalah saat Francis meminta ketiga sahabatnya untuk menghadiri pesta pernikahannya di kota Barcelona, Spanyol. Lalu bagaimana kelanjutan kisah cinta mereka? Akankah Farah tetap memperjuangkan cintanya untuk Francis sampai detik terakhir? Bagaimana dengan Retno dan Jusuf? Sok beli novelnya dan selamat membaca :)

4.5 cm

Dari judulnya saja novel ini sudah menarik untuk dibaca. Simple but full of interest to read this novel. Dilihat dari covernya sih novel ini kalah dibandingkan dengan yang lain. Novel ini memiliki warna cover hitam polos. Tapi belajar dari kata pepatah yang ternyata memang benar maksudnya, “don’t judge the book but it’s cover” jangan menilai sebuah buku dari covernya saja, novel 5 cm ini memang luar biasa bagus. Novel karya Donny Dhirgantoro ini bercerita tentang persahabatan anak muda Jakarta yang terdiri dari empat orang cowok dan satu orang cewek. Mereka adalah Arial paling tampan, Zafran yang sok puitis, Ian yang suka makan, Genta yang cool dan penuh dengan sikap leadership, lalu Riani yang merupakan satu-satunya cewek di geng tersebut. Kekompakan mereka dapat dilihat dari beberapa kegemaran mereka yang kadang konyol, antara lain nongkrong di kafe yang termurah sampai yang termahal, nonton layar tancep dan kumpul di saung rumah Arial hanya untuk makan miebareng-bareng. Karena seringnya mereka bersama dalam segala hal, muncul ide untuk berpisah beberapa waktu agar mereka tidak saling ketergantungan satu sama lain. Setelah tiga bulan lamanya berpisah akhirnya mereka berkumpul kembali dan mengusulkan untuk memulai sebuah perjalanan menuju suatu tempat paling indah di Indonesia. Dimana perjalanan ini penuh dengan keyakinan, cita-cita dan cinta. Mereka berharap dengan melakukan perjalanan ini mereka dapat menjadi manusia seutuhnya,bukan hanya seonggok daging yang hanya bisa makan dan bicara.

5.Daun yang Jatuh Tak Pernah Membenci Angin

Nah ini novel yang aku beli dengan Cuma-Cuma karena saking penasarannya akibat terprofokasi anjuan teman. Tapi ternyata nggak ada salahnya membaca novel ini karena ternyata lagi-lagi isinya memang bagus. Dalam novelnya kali ini, Tere Liye mencoba mengangkat kisah percintaan yang manis sekaligus menyedihkan. Dialah Tania, gadis kecil yang sangat beruntung karena telah ditolong oleh seorang bernama Danar yang dianggapnya sebagai malaikat dalam keluarganya. Karena om Danarlah (sebutan untuk Danar) yang membuat Tania dan adiknya bisa kembali mengenyam dunia pendidikan yang sempat mereka berdua tinggalkan karena keterbatasan ekonomi orangtuanya. Seiring bertambahnya usia, Tania tumbuh menjadi gadis cantik dan pintar. Dia selalu dapat membuat om Danar bangga. Namun, disamping itu ternyata ada perasaan suci yang tumbuh di hatinya. Perasaan cinta yang menyeruak namun enggan untuk disampaikan ke ‘malaikat’ keluarganya itu. Bagaimana Tania bisa terus memendam perasaan cintanya kepada Danar? Apakah ia harus bersikap seperti daun yang tak pernah membenci angin sekalipun telah menerbangkannya hingga daun itu jatuh? Cinta memang nggak bisa ditebak :)

Nah itulah kelima novel yang paling saya sukai. Sebenarnya masih banyak novel-novel lain yang menurut saya bagus untuk menambah referensi bacaan teman-teman. Tetapi cukup lima saja dulu ya, lain waktu saya share lagi :)

Selamat membaca, semoga bermanfaat.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x