Mohon tunggu...
DESTI ARI NURMARISA
DESTI ARI NURMARISA Mohon Tunggu... Guru - Guru

Pendidikan Anak Usia Dini

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Membuat APE Sederhana dari Kardus Bekas untuk Mengenalkan Warna dan Bentuk Geometri pada Anak Usia Dini

21 November 2022   09:46 Diperbarui: 7 Desember 2022   10:32 2235
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

APE atau Alat Permainan Edukatif adalah sebuah mainan yang dibuat untuk merangsang tumbuh kembang anak. Ada banyak jenis APE yang dijual atau bisa kita temukan dipasaran. Namun kita bisa memanfaatkan barang bekas / barang yang ada disekitar yang sudah tidak terpakai. Kali ini kita akan membahas cara membuat APE dari kardus bekas untuk mengenalkan warna dan bentuk geometri pada anak usia dini.

Pada usia lahir 0 sampai 6 tahun merupakan masa keemasan (the golden years) dimana anak peka dan sensitif untuk menerima rangsangan. Maka dari itu pada masa ini anak siap menerima respon stimulasi yang diberikan karena fungsi fisik dan psikis anak sudah matang. Masa kepekaan anak berbeda-beda sesuai dengan tahap perkembangan dan pertumbuhannya. Untuk menstimulasi perkembangan anak bisa dilakukan di lingkungan rumah maupun di lingkungan sekolah.

Dokter ahli tumbuh kembang anak menyarankan agar memperkenalkan warna pada anak sejak usia dini karena memperkenalkan warna pada usia golden age bisa memacu tumbuh kembang otak secara maksimal. Untuk membantu mengenalkan warna dan bentuk geometri bisa membuat APE dari barang bekas yang ada di lingkungan sekitar tidak harus dengan APE yang dibeli mahal.

Membuat APE dari kardus bekas yaitu memanfaatkan barang yang sudah tidak terpakai yang ada di lingkungan sekitar dan mudah kita jumpai serta bisa dimanfaatkan untuk media belajar anak yang bisa mengasah kemampuan kognitif anak dalam mengenal warna dan bentuk melalui bermain sambil belajar yang menyenangkan bagi anak. Selain itu juga bisa mengembangkan aspek perkembangan bahasa anak yaitu menyebutkan warna dan bentuk.

Alat dan Bahan Untuk Membuat APE dari Kardus Bekas

  • Kardus
  • Gunting
  • Lem kertas
  • Kertas warna-warni

CARA MEMBUAT APE DARI KARDUS BEKAS

  • Gunting kardus menjadi bentuk persegi panjang.
  • Setelah itu gambar pola geometri diatas kardus  menggunakan spidol.
  • Gambar pola bentuk geometri diatas kertas lipat setelah itu gunting kertas warna sesuai bentuk geometri yang sudah tergambar, dan tempelkan pada pola yang sudah tergambar di papan kardus.
  • Gunting kardus menjadi potongan bentuk geometri kecil-kecil.
  • Siapkan kertas warna-warni, gambar pola bentuk geometri diatasnya, lalu gunting dan tempelkan pada potongan kardus kecil yang sudah berbentuk geometri dengan menggunakan lem kertas.

CARA MEMAINKAN APE DARI KARDUS BEKAS

  • Ambil potongan bentuk geometri.
  • Pasangkan potongan bentuk geometri sesuai warna dan bentuk yang ada di papan kardus.
  • Setelah anak berhasil memasangkan potongan bentuk geometri sesuai warna dan bentuk, ajaklah anak untuk menyebutkan warna dan bentuk yang telah terpasang.

DESTI ARI NURMARISA, S.Pd

GURU TK AISYIYAH 10 KECAMATAN SUKOMORO KABUPATEN MAGETAN

JAWA TIMUR

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun