Memanfaatkan Bahan Alam Sekitar Sebagai Media Pembelajaran PAUD
Desshinta Triandani
Universitas Negeri Solo
Email : jovancadesshinta@gmail.com
Pendidikan anak usia dini merupakan suatu upaya untuk memberikan rangsangan pendidikan dalam meningkatkan pertumbuhan dan perkembangan anak supaya anak memiliki kesiapan untuk memasuki pendidikan lebih lanjut dalam undang -- undang nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional ( pasal 1 butir 14 ) menyatakan bahwa upaya pembinaan yang ditujukan kepada anak sejak lahir sampai dengan usia enam tahun yang dilakukan melalui pemberian rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani agar anak memiliki kesiapan dalam memasuki pedidikan lebih lanjut.
Rangsangan pendidikan yang dapat diberikan kepada anak dapat berupa bahan -- bahan alam yang ada di sekitar kita dengan kreatifitas dan ide yang kita miliki maka tentu saja bahan -- bahan alam di lingkungan sekitar akan sangat bermanfaat untuk proses kegiatan pembelajaran.
Dengan memanfaatkan bahan alam sekitar maka anak akan memperoleh pengalaman yang lebih banyak lagi. Selain murah tanpa biaya apapun , bahan alam di lingkungan sekitar juga mudah di dapat , aman untuk anak , berkualitas , menarik dan menyenangkan bagi anak.
Dalam memanfaatkan bahan alam di lingkungan sekitar kita juga harus memperhatikan dan memilih sumber belajar tersebut. Misalnya yaitu bahan yang digunakan mengandung nilai edukatif , bahan alam yang kita gunakan juga harus mampu mengembangkan berbagai aspek perkembangan anak sesuai dengan kemampuan anak. Selain itu bahan alam yang kita gunakan harus mudah dan praktis digunakan untuk anak usia dini.
Beberapa contoh pemanfaatan bahan alam di lingkungan sekitar sebagai sumber belajar :
1. Observasi secara langsung misalnya mengamati binantang , tumbuh -- tumbuhan , batu -- batuan maupun kejadian alam seperti angin , hujan , dan air mengalir.