Mohon tunggu...
Desi Moulida
Desi Moulida Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Mahasiswa

Selanjutnya

Tutup

Digital

Pengaruh Gadget terhadap Masyarakat Indonesia

25 Oktober 2021   20:57 Diperbarui: 25 Oktober 2021   21:16 70 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Digital. Sumber ilustrasi: PEXELS/ThisIsEngineering

Tidak perlu dipungkiri lagi, kehidupan manusia yang bermula dari kesederhanaan kini menjadi kehidupan yang bisa di kategorikan sangat modern. Dengan majunya suatu teknologi adalah suatu hal yang tidak dapat kita hindari, karena seiring perkembangan zaman dan kemajuan ilmu pengetahuan, teknologi akan selalu muncul.

Inovasi-inovasi teknologi terbaru pun akan diciptakan dengan mempermudahkan aktivitas manusia dalam kehidupan sehari-hari sehingga menjadi sebuah keharusan untuk mempunyai atau menguasai teknologi, dengan teknologi semua aktivitas kita yang rumit akan menjadi mudah apabila digunakan dengan baik dan benar.

Gedget adalah salah satu teknologi yang kini menjadi prioritas bagi setiap kalangan masyarakat, baik di kalangan anak-anak, remaja, orang dewasa, maupun orang tua. tanpa kita sadari bahwa kita sering merasa kehilangan ketika gedget yang kita miliki itu ketinggalan atau lupa terbawa, dengan terus menerus menggunakan gedget yang kita miliki lama kelamaan banyak kita lihat sekarang ini orang-orang kurang peduli dengan lingkungan sekitarnya, dan menjadi malas dalam melakuka  kegiatan arau aktivitas, yang menjadi kurang  konsentrasi  karena hanya terlalu fokus dengan gedget yang ada di tangannya. 

Gedget menjadi individualisme saat suatu perkumpulan atau pertemuan bisa menjadi sunyi tanpa percakapan hanya karena gedget.  Dan tanpa kita sadari bahwa dengan munculnya teknologi yaitu gedget yang canggih interaksi via internet perlahan menggantikan interaksi secara langsung, layaknya kecanduan pada umumnya.

Dan  hampir di setiap orang yang memanfaatkan gedget  banyak menghabiskan waktu mereka untuk menggunakan gedget. Oleh karena itu gedget juga memiliki nilai dan manfaat tersendiri  bagi kalangan orang tertentu.  Akan tetapi banyak dampak negatif yang muncul dalam pemanfaatan gedget bagi kalangan remaja, anak-anak, dan balita. Bagi pecandu gedget tidak bermain atau memegang gedget sehari itu pasti merasa ada yang kurang, seperti tidak ada kuota kita tidak bisa membuka media sosial, bermain game dan masih banyak lagi aplikasi yang ingin kita buka.  Meskipun sebagian besar masyarakat memanfaatkan gedget untuk Komunikasi, urusan pekerjaan atau bisnis, mencari informasi, atau hanya sekedar untuk mencari hiburan.

Seiring perkembangan teknologi informasi dan komunikasi ini sangat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. Gedget adalah salah satu produk dari teknologi ini yang telah mengubah perilaku masyarakat dengan menembus ruang dan waktu. Orang yang berjarak ribuan kilometer  bisa saling berkomunikasi sambil saling menatap lawan bicara kita, dan memiliki fungsi khusus seperti telpon pintar dll. Seiring arus globalisasi dengan tuntutan kebutuhan  pertukaran informasi yang cepat,  peranan teknologi komunikasi menjadi sangat penting. Sehingga membuat para pengguna tidak terkendali dalam hal pemakaian suatu teknologi tersebut.

Menurut saya solusi yang tepat untuk menghindari atau mengatasi penggunaan gedget ini sebaiknya dalam menggunakan gedget kita harus bisa membatasi dan mengatur waktu dalam memainkan gedget, gunakan gedget untuk hal-hal positif dan kurangin hal-hal negatif seperti bermain game online, membuka situs yang tidak bermanfaat dan lain sebagainya.

Sedangkan di sisi positifnya gedget adalah alat pembantu berkomunikasi, menambah relasi, dan membantu memudahkan bagi penggunanya untuk mencari berbagai informasi, karena gedget sudah menjadi trend masa kini. Gedget juga dapat membantu seseorang berkomunikasi dengan jarak yang jauh dan bisa bertatap muka langsung contohnya skype, video call, dan lain-lain. Selain membantu mempermudahkan dalam berkomunikasi, gedget juga membantu dalam bidang pendidikan seperti mencari tugas sekolah, dan tugas kuliah.

Gedget adalah alat teknologi yang canggih ia bukan hanya bisa berkomunikasi secara visual, tetapi gedget ini juga memiliki berbagai situs aplikasi sosial media didalamnya seperti aplikasi Facebook, Instagram, YouTube, WhatsApp, dan berbagai mesin pencari seperti Google, play store dan berbagai aplikasi sosial media lainnya. Gedget juga bisa disebut sebagai alat untuk penghibur, kenapa? Karena gedget juga memiliki aplikasi untuk bermain game online. 

Pada saat gedget sudah menjadi alat yang tidak asing lagi di kalangan masyarakat, baik di kalangan masyarakat tinggi, menengah, ataupun masyarakat rendah. Dan dapat dikatakan bahwa dalam menggunakan gedget masyarakat sangat terbantu dalam kebutuhan sehari-hari, seiring dengan perkembangan zaman yang menghasilkan teknologi yang semakin canggih, sehingga gedget dapat dipandang dengan dua sisi yaitu posisi positif dan negatif.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Digital Selengkapnya
Lihat Digital Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan