Mohon tunggu...
Desi Lina
Desi Lina Mohon Tunggu... -

Selanjutnya

Tutup

Inovasi

Yuk Baca yang Penasaran dengan Strategi Media

10 Mei 2017   11:50 Diperbarui: 10 Mei 2017   12:46 1051
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Media. Sumber ilustrasi: PIXABAY/Free-photos

Pernakah kalian mengetahui apa itu media strategic planning? 

Bagaimana cara penempatan media dengan tepat dan benar?

Nah, kebetulan saya sedang berada di semester 4 perkuliahan saya yang tidak lain dengan jurusan marketing komunikasi dan salah satu mata kuliah yang saya jalani adalah media strategic planning. Atau dapat diartikan sebagai strategy perencanaan media.. Nah saya mau bagi bagi ilmu nih, seperti peribahasa berbagi ilmu tidak akan membuatmu merugi..

nah sebelum masuk ke topik tentang apa dan bagaimana itu media strategic planning. sebelumnya saya akan berbagi mengenai bagaimana sih suasana kelas saya di mata kuliah ini dan siapa dosen pada mata kuliah ini.

Oke, jadi di mata kuliah ini saya mendapatkan dosen yang sama saat saya semester 3, beliau juga sempat mengajarkan kami mata kuliah creative marketing yang tidak lain dari situlah kami diajarkan bagaimana menulis dengan baik yang tidak lain untuk dapat mempromosikan produk kita dengan menarik. Nah kebetulan dosen saya ini merupakan salah satu penulis buku yang cukup terkenal beliau bernama IRA LATIEF. Jika kalian pernah membeli buku "normal is boring" maka beliau lah yang menjadi dosen saya untuk mata kuliah ini. Nah bukan hanya itu suasana di kelas saya pun cukup santai tapi tetap serius..

Oke kembali lagi ke pembahasan apa itu media strategic planning atau bagaimana sih perencanaan media strategy yang benar nah menurut dosen saya ini perencanaan media strategy dengan benar akan meliputi..

1. Media Placement

Jika dilihat dari pekerjaan kreatifnya maka media placement terbagi dua jenis yaitu :

a. media lini atas (above the line) ; media utama yang digunakan dalam kegiatan periklanan, contoh ; televisi, radio, majalah, surat kabar.

b. Media lini bawah (below the line) ; media pendukung dalam kegiatan periklanan, contoh : pamflet, brosur dan poster.

Above the line (ATL)
 – Target audiens yang luas.
 – Lebih untuk menjelaskan sebuah konsep atau ide. Tidak ada interaksi langsung dengan audiens.
 – Media yang digunakan TV, Radio, Majalah, koran, billboard.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Inovasi Selengkapnya
Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun