Mohon tunggu...
Dera Raksaesa
Dera Raksaesa Mohon Tunggu... Mahasiswa - Universitas Pendidikan Indonesia

Universitas Pendidikan Indonesia

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Covid-19 Bukan Penghalang Semangat Mahasiswa KKN

27 Juli 2021   09:26 Diperbarui: 27 Juli 2021   09:47 16 2 0 Mohon Tunggu...

Masa pandemi covid-19, banyak sekali yang terdampak baik dari bidang ekonomi, pendidikan, dan lain lain. Khususnya pendidikan, dalam pembelajarannya memang harus ikut adaptasi agar penyebaran Covid 19 ini tidak meluas. Maka dari itu pembelajaran saat ini menggunakan media sosial ataupun menggunakan media jarak jauh, dan juga dikenal sebagai pembelajaran daring. 

Program program yang dilakukan pada saat inipun berbeda dengan program KKN yang sebelumnya. Kali ini penggunaan media sosial adalah fokus utama dalam melakukan edukasi covid maupun penyuluhan untuk masyarakat umum dan juga siswa dan siswi. 

SDN Ciburial yang menjadi salah satu tempat pelaksanaan KKN di bidang pendidikan, di sekolah ini pembelajaran dilaksanakan secara online atau daring. Walaupun dilakukan secara online, semangat untuk melaksanakan pembelajaran ini masih tinggi dengan tujuan untuk membantu meningkatkan ilmu untuk siswa-siswi. 

Memang sulit untuk mengubah konsep yang sebelumnya dilakukan secara langsung. Namun pengajaran juga harus adaptasi agar Covid 19 ini tidak menyebar lebih luas lagi. Secara umum penggunaan media sosial adalah solusi supaya pengajaran ini bisa terus dilaksanakan. 

Program KKN salah satunya adalah membantu guru disekolah untuk penguatan materi pembelajaran, penggunaan media sosial sebagai media pembelajaran seperti contohnya cara meng oprasikan aplikasi vidio conference (zoom/gmeet). Karena pada umumnya guru dan siswa terkadang susah untuk menggunakan media sosial tersebut maka dari itu program kali ini salah satunya adalah membantu guru dan siswa. 

Secara garis besar itulah program KKN yang dilakukan secara online/daring. Walaupun tidak bisa dilakukan secara langsung namun semangat teman teman yang melakukan KKN masih tinggi dan juga semangat gotong royong yang tinggi. Dan akhirnya Program KKN in mampu untuk ber adaptasi. 

Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN