Mohon tunggu...
Depi Riyanti
Depi Riyanti Mohon Tunggu... Guru - Mahasiswa Kampus UPI di Cibiru

Saya suka menulis puisi

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Pasar Kelas di SD Laboratorium UPI Cibiru: Meningkatkan Keterampilan Siswa dalam Penggunaan Uang sebagai Entrepreneurship yang Jujur dan Mandiri

9 Desember 2022   03:35 Diperbarui: 27 Desember 2022   14:01 92
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Siswa-siswi SD Laboratorium UPI Cibiru mengikuti kegiatan Pasar Kelas. dokpri

            Mahasiswa Kampus UPI di Cibiru melaksanakaan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) Prodi PGSD bidang Pendidikan yang dilaksanakan di SD Laaboratorium UPI Kampus Cibiru selama kurang lebih 4 bulan yang terhitung dari tanggal 19 September sampai selesai. SD Laboratorium UPI Kampus Cibiru merupakan salah satu Sekolah Dasar Swasta yang berada di Jalan Raya Cibiru km.15 Cibiru Wetan, Cibiru Hilir, Kec. Cileunyi, Kabupaten Bandung, Jawa Barat 40626. SD Lab tersebut memiliki beberapa program-program unggulan diantaranya Pasar Kelas yang dilaksanakan pada hari selasa tangal 25 Oktober 2022.

            Kegiatan Pasar Kelas ini dilaksanakan oleh seluruh siswa kelas 2 yang terdiri dari 5 kelas yaitu kelas 2 Rose, 2 Lily, 2 Orchid, 2 Jasmine, dan 2 Lavender. Kegiatan ini mengusung tema "Meningkatkan Keterampilan Siswa dalam Penggunaan Uang sebagai Enterpreneurship yang Mandiri dan Jujur". Hal tersebut sejalan dengan materi pembelajaran Tematik yang sedang dipelajari yaitu pada Tema 3 mengenai "Mengenal Pecahan Uang".

            Peran orang tua siswa sangat penting dalam keberlangsungan setiap kegiatan di Sekolah, sama halnya dalam kegiatan Pasar Kelas. Orang tua berperan membantu anak dalam  mempersiapkan barang atau makanan yang akan di jual, serta memberikan dukungan dan  semangat untuk anak agar percaya diri dalam mengikuti serangkaian kegiatan Pasar Kelas. Adapun pelaksaan kegiatan Pasar Kelas ini yaitu menjelang waktu istirahat yaitu terhitung dari pukul 09.30 WIB.

Siswa melakukan transaksi jual beli. dokpri
Siswa melakukan transaksi jual beli. dokpri

Antusiasme dari seluruh siswa baik kelas 2 sebagai penjual, maupun masyarakat sekolah lainnya sebagai pembeli cukup baik. Hal tersebut terlihat dari respon pada saat kegiatan berlangsung dan tidak membutuhkan waktu lama dagangan dari masing-masing siswa terjual habis. Pada kegiatan Pasar Kelas, terdapat beberapa poin yang menjadi tujuan utama diadakannya kegiatan tersebut yaitu diatanaranya: 1) siswa dapat menggunakan uang sebagai alat tukar; 2) siswa dapat berkomunikasi baik dengan pembeli dan penjual disekelilingnya; 3) melatih siswa untuk percaya diri; 4) menumbuhkan jiwa entrepreneur; dan 5) siswa belajar melakukan transaksi dengan jujur.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun