Mohon tunggu...
Deny Elisya
Deny Elisya Mohon Tunggu... mahasiswa.

mahasiswa

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Pengalaman Menggunakan Media Konvergensi

15 April 2021   19:16 Diperbarui: 15 April 2021   19:23 55 1 0 Mohon Tunggu...

Deny Elisya, 1900030289, Ilmu Komunikasi-Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta.

Konvergensi berasal dari kata bahasa yunani yaitu convergence yang memiliki arti tindakan bertemu atau bersatu disuatu tempat, atau bisa diartikan juga pemusat pandangan mata ke suatu tempat yang amat dekat. Media adalah sesuatu yang dapat digunakan sebagai sarana penghubung atau perantara dalam penyampaian informasi maupun penyampaian hiburan dari pengirim informasi kepada penerima informasi (komunikasi). Konvergensi media adalah pengintegrasian atau penggabungan media-media yang ada untuk diarahkan dan digunakan kedalam suatu titik tujuan, dimana konvergensi media diakibatkan karena adanya perkembangan teknologi komunikasi digital yang menyebabkan efisiennya adanya telepon, video, dan komunikasi data dalam suatu jaringan (konvergensi jaringan). Jadi dapat disimpulkan bahwa konvergensi media adalah fenomena bergabungnya berbagai media yang sebelumnya dianggap berbeda dan terpisah yang meliputi media cetak maupun media elektronik (televisi, radio, surat kabar, dan komputer) menjadi satu kedalam media tunggal.

Konvergensi bukan hanya penyatuan konten sebuah berita yang muncul di berbagai media dan berada dalam satu perusahaan. Tetapi juga penyatuan dalam satu induk perusahaan media. Contohnya Republika, Kompas Group dan Media Group. Republika menaungi Koran Republika dan Republika.co.id. Kompas Grup membawahi koran Kompas, Kompas.com, dan KompasTV. Sedangkan Media Grup membawahi surat kabar Media Indonesia, MetroTV, dan Metrotvnews.com.

Peningkatan jumlah pengguna internet yang signifikan di Indonesia memberikan pengaruh besar terhadap eksistensi media pada saat ini. Untuk dapat terus eksis dalam perindustrian, media harus mengikuti perkembangan zaman dan teknologi. Konvergensi saat ini menjadi kata kunci dalam perkembangan industri media.

Beberapa gagasan umum yang direferensikan oleh istilah tersebut mencakup aliran konten di berbagai platform media, kerja sama antara berbagai industri media, pencarian struktur pembiayaan baru media yang semuanya ada di antara media lama dan baru, dan perilaku migrasi khalayak media yang akan pergi ke mana saja untuk mencari jenis pengalaman hiburan yang mereka inginkan. Konvergensi media mengacu pada situasi di mana beberapa sistem media hidup berdampingan dan konten media mengalir dengan lancar di antara mereka. Sejumlah media lama seperti media cetak dan media siaran berbasis elektronik melakukan berbagai perubahan dengan menghadirkan konten versi online di internet. Hal ini dilakukan guna mempertajam persaingan di ranah digital. Media cetak di Indonesia berbondong-bondong melakukan transformasi dan mendirikan portal berita daring (dalam jaringan) untuk menyuguhkan berita dalam versi online. Media online secara umum adalah segala bentuk media yang hanya dapat diakses melalui internet. Sedangkan secara khusus yang dimaksud media online adalah segala jenis media massa yang dipublikasikan melalui internet secara online, baik itu segala jenis media cetak maupun media elektronik.  

Dalam bahasan ini saya akan memaparkan lebih jauh mengenai perusahaan media Republika. Melihat lajunya pertumbuhan internet, perusahan media Republika sebagai media yang ingin terus bertahan dalam perindustrian telah mempersiapkan diri dengan melakukan konvergensi sejak 1995. Republika mendirikan portal berita, yang menjadi portal berita pertama di Indonesia, yang diberi nama Republika Online (ROL). Transformasi menuju media digital ini adalah sebuah keharusan bagi Republika melihat pergeseran perilaku masyarakat dan pembaca koran yang telah terjadi. Perubahan-perubahan ini hampir tidak mungkin untuk dilawan, namun harus dihadapi dengan menghadirkan inovasi-inovasi baru. Kehadiran perangkat komunikasi yang makin murah dan canggih menjadikan proses penyampaian konten berita kepada khalayak dapat dijalankan dengan lebih praktis dan cepat, sehingga dapat dijadikan solusi dari permasalahan menurunnya pembaca koran. Proses konvergensi ini tentunya berlangsung secara perlahan dan tidak dijalankan dengan mematikan koran. Setiap media yang melakukan konvergensi tentunya mengalami berbagai perubahan dalam pelaksanaannya, baik dari proses dan sistem kerja, keredaksian hingga produk dan konten berita. Begitu pula dengan Republika yang melakukan konvergensi dari bentuk surat kabar Harian Republika hingga mendirikan portal online-nya yang dikenal dengan Republika Online (ROL). Konvergensi mencakup wilayah yang cukup luas.

Gordon membagi konvergensi di organisasi media berdasarkan lima dimensi, yaitu; konvergensi kepemilikan yang mengacu pada sebuah perusahaan media yang menjadi induk dari berbagai platform media untuk pendistribusian konten, konvergensi taktik yaitu kerja sama dalam pengguna konten bersama serta promosi silang dengan media-media yang bekerja sama, konvergensi struktur yaitu proses manajemen yang berkaitan dengan penataan ulang struktur organisasi dan pembagian kerja yang dilakukan untuk penyesuaian dengan kebutuhan konvergensi, konvergensi peliputan informasi yaitu konvergensi ini pada level wartawan di mana reporter dituntut untuk memiliki berbagai keahlian terkait multimedia, dan konvergensi penyajian atau pengisahan cerita di mana tipe konvergensi ini terjadi di tingkat operasi wartawan dengan dukungan dari manajemen untuk menyediakan peralatan yang diperlukan untuk melakukan pengemasan berita sesuai dengan platform. Konvergensi di Republika fokus terhadap konvergensi peliputan informasi di mana reporter dituntut untuk tidak hanya dapat menguasai penulisan berita namun dapat mengambil gambar, foto ataupun video yang akan disajikan sebagai pendukung berita. Berita tidak hanya disajikan dalam bentuk cetak namun juga terunggah dalam bentuk online.

Pengalaman saya menggunakan media Republika Online (ROL). Dengan adanya portal republika online saya bisa mencari berbagai informasi berita yang terbaru, terlama, tanpa perlu membeli sebuah Koran untuk membaca berita. Meskipun Republika merupakan media lama tetapi republika mampu berkembang dan berinovosi untuk agar tetap bisa bertahan dalam perindustri. Dan juga para pembaca berita online hanya perlu mengklik informasi yang diinginkan di komputer maka secara otomatis akan muncul berita yang ingin dicari.

Potensi konvergensi media adalah bisa memperkaya informasi secara meluas tentang seluruh dunia karena ada akses internet. Memberikan banyak pilihan kepada masyarakat penguna untuk dapat memilih informasi yang diinginkan sesuai selera, contohnya saja adalah televisi interaktif dan televisi multisaluran dimana penguna memilih sendiri program siaran yang disukai. Sehingga pengunaan teknologi konvergensi menjadi lebih personal. Lebih muda, praktis dan efisien. Tidak perlu punya dua media kalau ternyata bisa punya satu media dua fungsi. Timbulnya demokratisasi informasi dimana semua orang bisa mengakses informasi secara bebas dan luas dengan berbagai cara dan bentuk dalam implikasi ekonomi, konvergensi berpengaruh terhadap perusaah dan industri teknologi komunikasi karena mengubah perilaku bisnis. Keuntungan yang didapat selain itu, mudahnya akses informasi membuat industri dan perusahaan semakin mudah dan cepat mengantisipasi tantangan kebutuhan baru konsumen serta persaingan yang kuat Interkatif. Masyarakat bisa langsung memberikan umpan balik terhadap informasi-informasi yang disampaikan. Media konvergen memunculkan karakter baru yang makin interkatif, dimana penggunanya mampu berkomunikasi secara langsung dan memperoleh teknologi manusia. Masyarakat mendapatkan informasi lebih cepat.

Konvergensi media juga memiliki kekurangaan yang masih harus diperbaiki yaitu gaya hidup masyarakat yang menjadi kecanduan teknologi. Adanya ketergantungan di segala lini yang  menjadikan semuanya serba praktis dan otomatis. Menurut saya teknologi yang praktis memang baik karena mempercepat dan memudahkan. Namun hal ini juga bisa menjadi buruk jika kita tidak bijak. Dengan segara sesuatu yang praktis membuat kita cenderung menjadi orang yang malas  sehingga akan mempercepat hilangnya pekerjaan, karena pekerjaan manusia sudah bisa digantikan dengan teknologi yang canggih. Ini juga bisa memunculkan masyarakat digital/ masyarakat maya. Dengan teknologi konvergensi yang maju telah mempersempit jarak dan mempersingkat waktu. Jarak dan waktu sudah bukan masalah lagi, misalnya media lainnya tanpa perlu bertemu langsung. Hal ini menimbulkan masyarakat maya dimana komunikasi langsung secara face to face sudah tidak diminati lagi. Kita bisa saling berkomunikasi melalui internet. Dikatakan bahwa media konvergen menyebabkan derajat aktivitas massa berkurang karena komunikasinya makin personal dan interektif. Media cetak, media tradisional mulai kalah dengan media modern atau media baru online. Kesenjangan sosial yang semakin besar. Maka dengan adanya hal tersebut kita harus bisa menggunakan media sosial secara bijak dan bisa membatasi diri serta harus mampu memilah informasi dengan tepat.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x