Mohon tunggu...
Denta Lita Dewi
Denta Lita Dewi Mohon Tunggu... Find me on instagram : dentald

Perkenalkan saya Denta Lita Dewi. Mahasiswi Fakultas Psikologi, Prodi Psikologi yang sedang mengejar cita-cita untuk masa depan di Universitas Mercu Buana. Alhamdulillah sampai detik ini saya selalu dilindungi oleh ALLAH SWT kemudian di support oleh kedua orangtua, sahabat, dan lingkungan sekitar. Semoga dengan karya tulisan saya disini dapat menambah informasi dan manfaat bagi para pembaca. Terimakasih :)

Selanjutnya

Tutup

Gaya Hidup

Dampak Negatif Modernisasi pada Generasi Milenial

30 Desember 2018   18:47 Diperbarui: 30 Desember 2018   20:19 0 1 0 Mohon Tunggu...
Dampak Negatif Modernisasi pada Generasi Milenial
www.geopolitica.ru

Modernisasi mencakup suatu transformasi total kehidupan bersama yang tradisional atau pra modern dalam arti teknologi serta organisasi sosial kearah pola-pola ekonomis dan politis yang menjadi negara-negara barat yang stabil [Wilbert, E., Moore].

Arus modernisasi begitu cepat masuk kedalam kehidupan masyarakat terutama di zaman now adanya generasi millennial atau yang dikenal dengan generasi Y yang di mana generasi tersebut menurut para ahli dan peneliti biasanya menggunakan awal 1980-an sebagai awal kelahiran kelompok ini dan pertengahan tahun 1990-an hingga awal 2000-an sebagai akhir kelahiran.

Dalam modernisasi di kehidupan masyarakat maraknya budaya global (global culture) dan gaya hidup (life style) terhadap generasi millennial begitu kuat. Pengaruh modernisasi ini telah membuat seseorang kehilangan kepribadian diri sebagai bangsa Indonesia terlebih di zaman now banyak yang mengikuti life style budaya barat dalam kehidupan sehari-hari.

Lifestyle masyarakat khususnya generasi ini baik dalam bentuk nilai-nilai, perilaku, hingga hobi seperti musik dan olahraga dari negara luar susah dibendung. Dimulai dari cara berpakaian apalagi kini sedang maraknya k-pop sehingga banyak orang yang berlomba-lomba berpakaian, berdandan dari ujung kepala sampai kaki ala artis korea. Mereka pun menggunakan pakaian yang minim, rambut di cat warna warni dengan mengikuti trending yang ada, padahal cara berpakaian seperti itu tidak sesuai dengan kebudayaan di negara kita. 

Mau jadi apa negara kita bila generasi penerus nya seperti itu???

Selain itu generasi Y ini tumbuh pada era internet yang booming. Generasi millennial memiliki ciri khas tersendiri yaitu, mereka lahir pada saat TV berwarna, handphone dengan akses internet yang canggih sehingga generasi ini sangat mahir dalam teknologi. Teknologi internet ini bisa diakses oleh siapa pun dan memberikan informasi tanpa batas sehingga sudah menjadi santapan sehari-hari, benar bukan?

Contohnya yang sering digunakan adalah media sosial. Pola generasi Y pada komunikasi ini sangat terbuka dibanding generasi-generasi sebelumnya, pemakai media sosial yang fanatic menurut penelitian menunjukkan bahwa generasi millennial cenderung malas untuk memvalidasi kebenaran berita yang mereka terima dan cenderung menerima informasi hanya dari satu sumber, yaitu media sosial. Jika digunakan untuk hal positif secara terus-menerus akan memperoleh manfaat yang berguna, tetapi jika sebaliknya bagaimana? Ya sudah jelas akan mendapatkan kerugian.

Pengaruh dampak modernisasi ini bisa dilihat dari sikap atau tingkah laku, banyak generasi ini yang tingkah lakunya tidak kenal sopan santun dan cenderung cuek, tidak ada rasa peduli terhadap lingkungan. Karena di era modernisasi ini menganut kebebasan dan keterbukaan sehingga mereka bertindak sesuka hati.

Jika pengaruh tersebut dibiarkan, mau jadi apa generasi kita???

Moral generasi bangsa menjadi rusak, timbul tindakan anarkis antara golongan muda. Hubungannya dengan nilai nasionalisme akan berkurang karena tidak ada rasa cinta terhadap budaya bangsa sendiri, dan tidak ada lagi rasa peduli terhadap masyarakat. Padahal generasi millennial adalah penerus generasi masa depan bangsa.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x