Mohon tunggu...
Denis Guritno Sri Sasongko
Denis Guritno Sri Sasongko Mohon Tunggu... Pendidik dan Pembelajar

Belajar menulis populer di Komunitas Guru Menulis dengan beberapa publikasi. Pada 2020, menyelesaikan Magister Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial di Universitas Indraprasta PGRI.

Selanjutnya

Tutup

Edukasi Pilihan

Serunya Belajar Sejarah dengan Storyboardthat.com

11 Oktober 2020   23:18 Diperbarui: 11 Oktober 2020   23:27 126 6 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Serunya Belajar Sejarah dengan Storyboardthat.com
Dok. Pribadi

Sebelum menulis, saya menyampaikan bahwa tulisan ini bukan endorsement ya. Tulisan ini hanya sekadar berbagi cerita. Semoga menjadi inspirasi bagi pembaca yang budiman. 

Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) harus bisa disikapi dengan bijak. Selain tak lagi bertatapmuka seperti biasa dengan anak-anak di depan kelas, saya pun harus berpikir, mencari cara agar kegiatan belajar mengajar berlangsung dengan baik, menarik, dan ditunggu-tunggu. Salah satu caranya adalah berkisah dengan storyboardthat.com. Mari tonton video berikut: 


Mengenal Storyboarthat.com

Boleh tentu saya bertanya, "Apakah video di atas sudah ditonton?" Silakan menjawabnya pertanyaan tersebut sendiri-sendiri. Video tersebut adalah tutorial sederhana yang saya buat untuk memeriahkan lomba membuat perangkat pembelajaran. Jika di sana-sini masih perlu perbaikan, wajarlah karena video itu pun baru pertama kali saya buat. Mari mengenal storyboardthat dari dekat. 

Storyboarthat adalah freeware yang dapat digunakan untuk membuat storyboard. Dalam freeware ini, desain ilustrasi tersaji lengkap sehingga pengguna dapat membuat sebuah storyboard dengan hasil yang sangat bagus layaknya pembuatan storyboard dengan tulisan tangan. Selain template, freeware ini pun menyediakan beragam fitur yang memudahkan kita menghasilkan gambar atau ilustrasi, bahkan dapat kita gunakan pula untuk membuat komik. 

Memakai Storyboardthat

Freeware ini sangat mudah untuk digunakan. Mula-mula, pengguna login terlebih dahulu. Fitur yang dikembangkan saat ini, pengguna dapat login dengan akun google, microsoft, atau akun media sosial. Setelah login, pengguna dapat langsung menggunakannya sesuai kebutuhan. Adapun scene dan gambar sudah disediakan pada tata letak yang paling atas dan dapat digunakan sesuai kebutuhan. Fitur tersebut dapat dilihat pada gambar di bawah ini: 

Dok. Pribadi
Dok. Pribadi

Tampilan di atas menunjukkan bahwa pengguna sangat dipermudah dalam pemakaiannya. Pengguna tinggal memilih, menarik, menggeser,dan menyesuaikannya pada halaman scene yang dibutuhkan. Jika tidak menemukan gambar yang tersedia pada template, pengguna dapat mengetik kata kunci pada kolom pencarian. Kemudian, freeware akan menampilkan hasil gambar yang dapat dikreasikan sesuai dengan kebutuhan. 

Keunggulan freeware ini tentu mengefektifkan waktu pengerjaan suatu storyboard. Selain sumber gambar yang banyak tersedia, freeware ini menyiapkan karakter dan adegan yang lengkap serta dapat disesuaikan. Jika dibutuhkan, freeware ini menyediakan fitur dapat mengunggah file pengguna. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x