Mohon tunggu...
Deni Krisdiyanto
Deni Krisdiyanto Mohon Tunggu... Guru - guru

Perkenalkan Nama saya Deni Krisdiyanto, M.Kom. CGP Angkatan 6 Mengajar di SMKN 1 Kadipaten Kabupaten Majalengka Provinsi Jawa Barat. Saat ini saya sedasng mengikuti program Guru penggerak angkatan 6 yang diselenggarakan oleh MendikbudRistek secara daring pada tanggal 24 Agustus 2022 selama 6 bulan ke depan

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Koneksi antar Materi Modul 1.2 CGP Angkatan 6 Kabupaten Majalengka

25 September 2022   09:30 Diperbarui: 25 September 2022   09:37 263
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

Assalamualaikum wr.wb.

Perkenalkan Nama saya Deni Krisdiyanto, M.Kom. CGP Angkatan 6 Mengajar di SMKN 1 Kadipaten Kabupaten Majalengka Provinsi Jawa Barat dengan Fasilitator Pak AKH. Munif dan Pengajar Praktik Ibu Siti Afifah Nur Fajriyah. Saya mencoba untuk mampu menarik kesimpulan berdasarkan materi modul 1.2. 

Nilai & Peran Guru Penggerak serta kaitannya dengan modul 1.1. Filosofi Pendidikan Ki Hadjar Dewantara menggunakan model 4P (Peristiwa, Perasaan, Pembelajaran dan Penerapan).

Setelah saya menjalani pembelajaran dari Modul 1.1 hingga Modul 1.2 ini, berikut adalah hal yang menjadi pembelajaran bagi saya ….

1. Peristiwa

Rangkaian kegiatan PPGP Angkatan 6 dimulai dengan pembukaan secara daring oleh MendikbudRistek secara daring pada tanggal 24 Agustus 2022. Kegiatan Pembukaan ini merupakan langkah awal saya untuk menjadi salah satu agen perubahan di dunia pendidikan. PPGP Angkatan 6 akan dilaksanakan selama 6 bulan terhitung tanggal 24 Agustus 2022 s/d Mei 2023. 

Pada tanggal 29 Agustus dilaksanakan Pre test awal yang dilakukan secara daring bersama fasilitator dan Pengajar Praktik melalui Vcon dan Penugasan Mandiri. Rangkaian kegiatan guru penggerak mengacu pada alur MERDEKA (Mulai dari diri, Eksplorasi konsep, Ruang kolaborasi, Demonstrasi Kontekstual, Elaborasi Pemahaman, dan Aksi nyata). 

Pada tanggal 3 september dilaksanakan kegiatan Lokakarya Orientasi secara daring menggunakan Vcon. Kemudian pada tanggal 9 september dilaksanakan elaborasi pemahaman oleh instruktur bu Ulfa dari cirebon. Harus mengerjakan tugas koneksi antar materi 1.1. , Implementasi aksi nyata dan juga membuat jurnal Refleksi Dwi Mingguan yang harus selesai pada tanggal 13 September 2022. 

Selama saya mengikuti rangkaian kegiatan modul 1.1 terkait Filosofi Ki Hajar Dewantara dapat saya terapkan dalam aksi nyata yang saya laksanakan pertama kali disekolah. Kaitan antara Modul 1.1 dan 1.2 yang saya fahami adalah...

Filosofis KHD mengajarkan bahwa pendidikan adalah “Menuntun” bukan “Menuntut”, hal ini sesuai dengan :

  • Nilai guru penggerak yang berupa “Berpihak pada murid”

Dalam proses "menuntun" pendidik sebagai "pamong" agar anak tidak kehilangan arah. Seorang pamong memberi tuntunan agar anak menemukan kemerdekaan dalam belajar, adanya perubahan dalam pendidikan, menuntun segala kekuatan kodrat siswa mencapai selamat dan bahagia.

  • Peran guru penggerak yang berupa “Menjadi pemimpin pembelajaran”

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun