Mohon tunggu...
Erni Purwitosari
Erni Purwitosari Mohon Tunggu... Wiraswasta - Wiraswasta

Pesepeda dan pemotor yang gemar berkain serta berkebaya. Senang wisata alam, sejarah dan budaya serta penyuka kuliner yang khas.

Selanjutnya

Tutup

Foodie Pilihan

Singkong Rebus Gula Aren Camilan Tradisional Kaya Manfaat

19 Juni 2021   19:31 Diperbarui: 19 Juni 2021   20:05 1406
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Singkong rebus gula aren. Camilan tradisional yang menyehatkan. (Dokpri)

Cuaca mendung paling enak minum kopi atau teh panas sambil nyamil sesuatu. Selama ini sih paling sering membuat pisang goreng tepung. Karena orang rumah penyuka pisang goreng. Makanya selalu ada stok pisang uli atau pisang kepok.

Berhubung stok pisang sudah habis, pagi tadi saat belanja sayuran rencananya ingin membeli beberapa sisir pisang untuk stok lagi. Sayang tukang sayur langganan tidak membawa pisang sesisir pun. Alasannya ketinggalan.

"Singkong aja Bu. Singkongnya empuk banget kok. Saya sudah nyobain," ujar si tukang sayur.

Awalnya saya ragu. Khawatir tidak empuk. Kan mubazir. Karena tak ada yang makan kalau singkongnya keras. Tapi tidak ada pisang juga, nanti apa camilan untuk orang rumah? 

Sebab orang rumah suka bosan kalau disuguhi camilan bolu atau roti. Padahal tinggal makan lho sukanya protes saja. 

"Camilan tradisional saja lebih enak dan sehat."

Akhirnya saya membeli satu kilogram singkong yang ditawarkan tukang sayur tadi. Tiba di rumah sempat bingung mau diolah jadi apa. Penginnya membuat camilan yang bisa dimakan si kecil juga.

Kalau dikukus begitu saja si kecil kurang suka. Bapaknya si kecil sih paling senang. Apalagi kalau singkongnya empuk dan merekah. Kalau saya suka semuanya. Jadi paling aman membuat camilan yang disukai oleh semua.

Nah, pilihan pun jatuh pada singkong rebus gula aren. Dengan pertimbangan rasa singkongnya jadi manis. Si kecil pasti suka. Bapaknya si kecil juga suka. Karena menggunakan gula aren. Saya? Suka-suka saja... hehehe

Maka begitulah. Singkong yang sudah saya beli tadi dikupas bersih lalu dicuci dan dipotong ukuran sedang. Kemudian saya rebus dengan tambahan daun pandan dan sedikit garam. Tutup rapat agar cepat mendidih.

Beberapa saat kemudian saya lihat. Ternyata singkongnya sudah empuk. Barulah saya masukkan gula arennya. Tutup kembali dan biarkan sampai agak mengering airnya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Foodie Selengkapnya
Lihat Foodie Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun