Mohon tunggu...
Erni Purwitosari
Erni Purwitosari Mohon Tunggu... Wiraswasta

Blogger, Penulis "Ketika Srikandi Bersepeda," Biker, Rider, Odoper, Penggiat Budaya dan Pencinta Sejarah.

Selanjutnya

Tutup

Hobi Pilihan

Bersepeda untuk Indonesia Damai

4 November 2018   23:26 Diperbarui: 4 November 2018   23:46 0 6 2 Mohon Tunggu...
Bersepeda untuk Indonesia Damai
dokpri

Tahun 2019 bangsa Indonesia akan merayakan pesta demokrasi rakyat. Melalui pemilu (pemilihan umum) kita akan memilih lagi pemimpin negeri ini yang masa jabatannya sudah berakhir di tahun 2019 nanti.

Adapun siapa yang akan memimpin negeri ini setelah pesta demokrasi nanti, tidak ada yang tahu. Bisa jadi pemimpin yang sebelumnya akan kembali memimpin. Atau justru calon yang baru. Siapa pun yang terpilih harapannya ia akan memimpin negeri ini dengan penuh amanah. 

Dalam menyongsong pemilu tahun 2019, POLRI bekerjasama dengan komunitas bersepeda mengadakan acara gowes bersama untuk Indonesia damai

dokpri
dokpri
Bertempat di Tugu Monas , Jakarta. Minggu, 4 Nopember 2018, kegiatan yang diberi nama #iRIDE4PEACE ini diikuti oleh ribuan pesepeda. Termasuk saya. Saya ikut berpartisipasi dalam acara ini karena mengetahui bahwa misi dan tujuan diadakannya acara ini sangat baik. Yaitu untuk mendeklarasikan pemilu 2019 yang aman, damai dan kondusif.

Acara ini dibuka oleh WakaPOLRI Komjen Pol. Drs. Ari Dono Sukamto, S.H 

Para pesepeda diajak berkeliling mengikuti rute yang sudah ditentukan. Yakni Jalan Medan Merdeka Timur, Jalan Perwira, Jalan Lapangan Banteng, Jalan Gereja Katedral, Jalan Pos, Jalan Dokter Sutomo, Jalan Gunung Sahari, Jalan Raya Mangga Besar, Jalan Hayam Wuruk, Jalan Gajah Mada, Jalan Merdeka Barat, Jalan Silang Merdeka Barat, Jalan Merdeka Selatan, dan kembali ke Monas.

Masyarakat yang berkunjung ke Monas dan melihat acara ini merasa senang, meski tidak terlibat secara langsung. Begitu pula dengan masyarakat yang dilintasi oleh para pesepeda. Mereka awalnya terlihat bingung dan heran melihat para pesepeda sebanyak itu, mengenakan Jersey yang sama. Mereka pikir ada lomba sepeda. Setelah diberitahu dan diberi penjelasan barulah mereka mengerti. Dan mendukung aksi ini.

Pada dasarnya masyarakat menginginkan Indonesia yang damai. Terutama menjelang pemilu. Karena kalau sampai ada kerusakan atau keributan, yang merasakan dampaknya masyarakat juga. 

Harapannya kegiatan ini mengedukasi masyarakat untuk ikut serta menciptakan Indonesia yang damai. Tidak hanya menjelang pemilu. Tetapi juga selamanya. Semoga. (EP)