Mohon tunggu...
Denia Silvia
Denia Silvia Mohon Tunggu... https://sensicare.co.id/eksim/

BootUP adalah sekolah coding terbesar di Indonesia dan di dunia. Memberikan pelatihan bagi perusahaan maupun individu untuk belajar coding, data science, artificial intelligence, serta machine learning. Pelajari lebih lanjut disini: https://bootup.ai/

Selanjutnya

Tutup

Digital

Pengertian Big Data

8 Februari 2019   18:40 Diperbarui: 11 Februari 2019   09:45 0 0 0 Mohon Tunggu...
Pengertian Big Data
pixabay.com

Apa Itu Big Data?

Big data atau data besar adalah isitilah yang sering digunakan pada dunia data science. Kenapa disebut big data? Karena data yang dihasilkan dan disimpan dalam ukuran yang sangat besar.

Data -data tersebut banyak jenisnya, antara data yang terstruktur atau juga data yang tidak terstruktur. Kebanyakan perusahaan startup dan technology company sudah menerapkan dan menggunakan big data. 

Pengertian big data juga merupakan suatu kumpulan dari data - data dalam skala besar sehingga tidak dapat dikelola dengan cara biasa. Karena ukuran dan fungsi datanya berbeda. Oleh karena itu disebut big data. 

Contoh perusahaan yang sudah menggunakan big data adalah Google, Grab, dan juga GoJek. 

Sejarah Big Data

Pada mulanya istilah ini muncul dan dibuat oleh perusahaan - perusahaan internet. Hal ini awalnya dituturkan oleh seorang analisis, yaitu Doug Laney. Dia mengatakan terdapat tiga elemen penting pada big data, yaitu volume, kecepatan, dan juga elemen variasi.

Akan tetapi, beberapa peneliti juga menambahkan beberapa elemen lain, yaitu variabilitas dan juga kompleksitas. 

Perkembangan media sosial juga menjadi pengaruh kuat akan keberadaan big data. Sehingga data - data yang dihasilkan semakin banyak dan semakin besar.

Dengan semakin banyaknya data tersebut, semakin muncul lah para developer software untuk mengolah data - data besar tersebut dan semakin berjalannya waktu, data tersebut juga semakin meningkat. 

Elemen Big Data

Seperti sudah dijelaskan diawal, bahwa terdapat beberapa bagian serta elemen penting pada big data. Yaitu: 

  1. Volume: Big data harus memiliki jumlah data yang besar
  2. Velocity: Big data juga harus memiliki waktu pemrosesan yang sangat cepat
  3. Variety: Big data juga datanya sangat banyak, variatif, dan tidak terstruktur. 
  4. Variabilitas: Yang paling penting juga big data harus variabilitas. 

Seberapa Penting Big Data

Big data sangat penting karena dapat berpengaruh bagi kelangsungan perusahaan. Jika perusahaan menggunakan big data, perusahaan dapat dengan mudah mengolah dan menerapakan data tersebut untuk artificial intelligence atau kecerdasan buatan. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2