Mohon tunggu...
Deni Arisandy
Deni Arisandy Mohon Tunggu... Lainnya - Freelancer

Penulis lepas, penyuka kopi hitam asli Indonesia

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Ketika Garuda Muda "Dipaksa" Tersingkirkan

11 Juli 2022   14:14 Diperbarui: 11 Juli 2022   14:16 95 4 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
AFF U19 2022 (foto : kompas.com)

Sebagai penggemar Timnas Sepakbola, saya sangat terhibur dengan aksi Garuda Muda kita. Timnas U-19 ikut membuat saya bersemangat menikmati pertandingan sepakbola, khususnya ajang di piala AFF U19 2022.

Tak pernah kalah, semangat berjuang sampai akhir, seakan ikut mengobarkan semangat saya menikmati pertandingan demi pertandingan. Seri 0-0 melawan Vietnam U-19 meski determinasi permainan sangat terlihat. Kemudian menggasak Brunei 7-0. Lalu, kembali tertahan 0-0 saat  melawan Thailand. Mengandaskan Filipina 5-1, dan terakhir menghempaskan Timnas Myanmar dengan skor telak 5-1.

Mirisnya, euforia kemenangan ini harus dibalur dengan kesedihan saat diketahui hasil akhir Vietnam U-19 vs Thailand U-19 ternyata berakhir imbang dengan skor 1-1. Garuda muda "dipaksa" tersingkir secara jantan. Hasil tak pernah kalah dan tiga kali menang dengan skor sangat-sangat telak, dan clean sheet saat tiga pertandingan awal, seolah dibuat tak berarti oleh aturan 'head to head".

Secara selisih gol, kita menang dari Vietnam dan Thailand. Tetapi, mungkin karena telat menyadari bahwa aturan head to head di AFF 2022 ternyata bukan mengandalkan selisih gol, Timnas kita pun tersingkir.

Semoga coach Shin Tae Young tetap mampu menyemangati para pemain muda kita. Pasti, kesedihan sangat mereka rasakan. Tersingkir bukan karena kalah produktif, bukan pula karena kalah kemampuan, tetapi regulasi yang barangkali telat disadari. Alhasil, strategi mendulang poin pertandingan juga mungkin salah diantisipasi.

Tetap Semangati Garuda Muda

Barangkali, rencana Garuda Muda bersiap untuk pemusatan pelatihan di Eropa beberapa bulan mendatang, bisa kembali memperkuat mental dan semangat.  Sebelum ini, tentunya Timnas Garuda Muda akan melakukan pemusatan pelatihan di dalam negeri menjelang  kualifikasi Piala Asia U20 yang akan digelar 14-18 September nanti.

Ada kesempatan membalas Timnas Vietnam di kualifikasi Piala Asia U-20  2023 tersebut, karena Indonesia satu grup dengan Vietnam di Grup F bersama Hong Kong dan Timor Leste.

Racikan stretegi yang tepat, tak sekadar semangat "balas dendam", diimbangi dengan permainan penuh visi dan teknis yang baik, akan menjadi ajang pembuktian bagi Garuda Muda di kualifikasi Piala Asia tersebut.

Lupakan hasil Piala AFF U19 2022! Masih ada agenda yang lebih besar menanti sebagai ajang pembuktian.  Selain kualifikasi Piala Asia, Garuda Muda juga akan disibukkan dengan persiapan menjelang Piala Dunia FIFA U-20 2023. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Bola Selengkapnya
Lihat Bola Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan