Mohon tunggu...
Dendy pratamamuharam
Dendy pratamamuharam Mohon Tunggu... Mahasiswa - upi kampus sumedang

terus berproses

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

KKN T Desa Cinanjung: Edukasi Covid 19 dan Pembelajaran Daring

25 Juli 2021   14:32 Diperbarui: 25 Juli 2021   15:22 29 0 0 Mohon Tunggu...

Pembangunan secara berkesinambungan akan berjalan lancar jika di dukung oleh beberapa faktor utama sebagai fondasi dari dimulainya suatu pembangunan, salah satu faktor utama dari pembangunan suatu daerah adalah pendidikan.

Pendidikan bisa menjadi penentu suatu daerah dapat meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) yang nantinya dapat berkontribusi dalam pembangunan suatu daerah. Jika suatu daerah memiliki sumber daya manusia yang terdidik maka akan banyak terciptanya ide -- ide yang bisa menymbangkan solusi dari setiap hambatan serta rintnagan yang menghambat kelancaran pembangunan di suatu daerah.

Dari hal tersebut dapat diketahui bahwa kebutuhan akan pendidikan yang berkualitas itu sangat penting dan harus tetap diperjuangkan dalam keadaan dan situasi apapun termasuk pada masa pandemi seperti ini yang mengharuskan seluruh siswa belajar dari rumah dan melakukan pembelajaran secara daring atau berbasis online.

Situasi tersebut memberikan dampak yang cukup signifikan pada sektor pendidikan, dimana terjadi perubahan dari tata cara siswa belajar dan membuat siswa menjadi kurang bisa menyerap materi yang disampaikan karena ternyata pembelajaran daring memiliki banyak hambatan serta kendala dalam pelaksanaanya.

Selain masalah tersebut perlunya edukasi tentang penyakit covid 19 pada masyarakat juga sangat penting karena semakin banyak masyarakat yang mengerti dan paham akan kondisi pandemi ini maka semakin sedikitnya penyebaran wabah tersebut.

Masyarakat akan lebih mengenal tentang penyakit tersebut sehingga bisa mengetahui cara untuk mencegah serta mengurangi dampak dari wabah tersebut.

Dari berbagai masalah tersebut Universitas Pendidikan Indonesia hadir dengan program Kuliah kerja nyata (KKN) Tematik MDPE-MBKM  menjawab tantangan di bidang pendidikan serta penanggulangan covid 19, dengan program kegiatan tersebut diharapkan bisa membatu mengembangkan serta membantu pelaksanaan pembelajaran daring serta penanggulangan covid 19 di berbagai daerah.

Dalam kegiatan tersebut saya memilih Desa Cinanjung Kecamatan Tanjungsari Kabupaten Sumedang sebagai tempat berkegiatan dalam kuliah kerja nyata, saya berfokus terhadap penanggulangan covid 19 di mayarakat desa serta pendampingan pembelajaran daring bagi guru, siswa dan orang tua.

Pada pelaksanaan di lapangan saya melakukan sosialisasi tentang pentingnya vaksin juga cuci tangan serta pemasangan spanduk atau banner di tempat tempat umum di desa selain itu saya meberikan bantuan kepada salah satu Sekolah Dasar di Desa Cinanjung yaitu SDN Sukamatri, bantuan yang dimaksud yaitu pendampingan guru dalam menyampaikan materi di sekolah berupa pemberian materi melalui media pembelajaran berbasis video juga melakukan tatap maya dengan aplikasi zoom.

Tidak lupa saya berfokus pada pemberian edukasi kepada orangtua terkait masalah yang terjadi saat mendampingi anaknya dalam proses pembelajaran online, edukasi yang dimaksud yaitu memberikan solusi terkait masalah atau kendala dalam proses pembelajaran online selain itu saya melakukan bimbel tambahan dalam upaya untuk meringankan beban siswa dalam menjalankan proses pembelajaran online.

Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN