Muhammad Dendy
Muhammad Dendy Wirausaha/ Sarjana Ilmu Komunikasi (S.Ikom)

"saya adalah orang yang selalu ingin belajar dan selalu ingin mengembangkan segala potensi yang ada dalam diri saya"

Selanjutnya

Tutup

Hiburan Pilihan

Tiga Tokoh Gim Ikonik Nintendo yang Populer Sepanjang Masa

1 Februari 2018   18:06 Diperbarui: 1 Februari 2018   18:21 1510 2 1
Tiga Tokoh Gim Ikonik Nintendo yang Populer Sepanjang Masa
Sumber: pocketgamer.co.uk

Ketika menyebut Nama Nintendo, dan ada pertanyaan siapa tokoh paling ikonik dalam setiap perangkat permainan Nintendo? Sudah pasti serempak diantara kita menjawab Marioooo. Saya sependapat, memang seluruh fans Nintendo atau para penggemar game Console seluruh dunia sepakat, kalau Mario adalah ikon central pada Konsol Nintendo.

Mario

Sumber: supermario.nintendo.com/
Sumber: supermario.nintendo.com/
Dari kalimat pembuka saya diatas, sudah tentu pembaca dapat menebak bahwa mario adalah tokoh game paling ikonik bagi Nintendo. Maka dari itu sudah sepantasnya mario berada diperingkat atas sebagai tokoh paling ikonik bagi Nintendo.

Mario atau yang sering disebut tukang ledeng ini memang selalu menjadi ikon dari kesuksesan bagi nintendoitu sendiri. Bukan tanpa sebab mario menjadi legenda bagi Nintendo hingga kini, perjalanan si tukang ledeng ini berawal dari kemunculannya pada game Arcade Donkey kong pada 1981.

Bagi para pemuja Nintendo dan menghabiskan masa kecil dalam setiap perangkat Nintendo, yang menghadapi masa kecil era 80-an. Sudah pasti mengetahui betapa suksesnya Donkey kong dalam industri video game dahulu.

Setelah kemunculan mario pada game populer donkey kong pada 1981 silam, kesuksesan si tukang ledeng ini berlanjut pada game super mario brospada 1985, saya belum lahir dikala itu hehe..kemunculan mario bersama kakaknya Luigi yang bertualang secara bergantian dengan sang adik mario dikala itu.

Kemunculan perdana mario dalam dunia game, pada Game Arcade Donkey Kong 1981 (go2games.com )
Kemunculan perdana mario dalam dunia game, pada Game Arcade Donkey Kong 1981 (go2games.com )
Jika merujuk dari namanya mario sepertinya orang italia, atau mungkin orang latin atau eropa barat. Tapi dengan setting tinggi badan 155 cm, rasanya ukuran tersebut terlalu pendek untuk ukuran orang bule denga ras kaukasoid.

Tapi ternyata nama mariomemang diadaptasi dari nama CEO Nintendo Of America, yaitu mario segale. Penampilan pertama mario yang muncul dalam game super mario bros pada 1985 tak jauh berubah hingga kini.

Sang pencipta awal tokoh mario dikala itu Shigeru Miyamoto memang benar-benar terinspirasi dengan sang CEO nintendo america, semenjak awal penampilan si tukang ledeng pada perangkat Famicom alias NES tak banyak berubah hingga kini.

Si tukang ledeng bule tertubuh pendek, dengan kepalanya yang suka menghantam batu bata disetiap permainannya, memang selalu menjadi ikon sepanjang masa Nintendo. Karena memang si tukang ledeng ini adalah roket yang menghantarkan Nintendo menjadi game console tersukses dimasa 80-an. Ketika keberadaan Nintendo Entertainment Sistem (NES) menjadi Primadona bagi para gamer di Amerika Serikat dan jepang.

Hingga kini ketokohan Mario beserta kakaknya luigi masih setia menemani para penggemar perangkat Nintendoterbaru hingga saat ini.

Pokemon

Sumber: nintendo.co.uk
Sumber: nintendo.co.uk

jika diatas ada nama mario di peringkat pertama, kali ini adalah bagiannya Pokemon, bagi para penggemar konsol handheld andalan Nintendo yaitu Game Boy series, sudah pasti tidak asing dengan tokoh game ini.

Pokemon itu sendiri diciptakan oleh seorang jepang kreatif bernama satoshi tajiri pada 1995. Kemunculan pokemon ini jugalah yang membuat dunia konsol handheld Nintendo game boy series menjadi sangat sukses.

Imbas kesuksesan pokemon pada perangkat game boy juga ternyata menginspirasi para kreator juga membuat sekuel pokemon dalam bentuk animasi, film dan manga. Sebenarnya pokemon itu sendiri berasal dari nama pocket monster, karena memang pemain harus mengumpulkan berbagai jenis spesies monster dalam pokeball.

Banyak yang berpendapat jika menyebut kata Pokemon, langsung berpikir pada sosok pikachu. Padahal pikachu adalah salah satu monster dari ratusan lainnya yang menghiasi game legendaris ini.

Jika para pembaca pernah heboh dengan permainan android pokemon go, maka kesuksesan game pokemon go pada perangkat android tak terlepas dari suksesnya game pokemon dalam perangkat game boy.

Menurut saya, memang Pokemon sangatlah layak dijadikan sosok ikonik dari Nintendo, terutama kesuksesan perangkat game boy series hingga berlanjut pada generasi penerus game boy yaitu Nintendo DS.

Jika para pembaca pernah menikmati masa kecil, dimana indahnya dimasa kepopuleran perangkat konsol game boy advanced. Sudah pasti merasakan betapa indahnya game-game pokemon. Seperti Pokemon Ruby Version, Sapphire Version, Emerald Version, yang mana game play dari ketiga game tersebut memang membuat kita sampai lupa waktu.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2