Mohon tunggu...
Kartika Dwi Ratna Sari
Kartika Dwi Ratna Sari Mohon Tunggu...

Mahasiswa Perencanaan Wilayah dan Kota - Institut Teknologi Sepuluh Nopember

Selanjutnya

Tutup

Edukasi Pilihan

Solusi Kepadatan Penduduk

12 Desember 2014   18:51 Diperbarui: 17 Juni 2015   15:26 6038 0 0 Mohon Tunggu...

Pengaruh Konsep Ruralisasi bagi Perkotaan Padat

Pertumbuhan yang saat ini terus berkembang pesat dan tidak bisa dikendalikan adalah pertumbuhan penduduk. Pertumbuhan penduduk sekarang ini menjadi masalah utama yang dihadapi oleh setiap negara berkembang. Karena pada negara berkembang pertumbuhan ekonomi yang masih belum tinggi ditambah pertumbuhan penduduk yang pesat mengakibatkan suatu negara berada ditahap stagnansi. Oleh karena itu diperlukan solusi yang tepat untuk mengatasi permasalahan tersebut.

Pada kenyataannya telah banyak dilakukan penyelesaian untuk mengatasi permasalahan penduduk yang terus bertambah yaitu dengan program Keluarga Berencana atau KB. Namun program ini dirasa kurang optimal, dikarenakan dalam proses penyelenggaraan program KB sendiri masih terdapat banyak kendala. Selain itu jika lebih ditelusuri kembali pertumbuhan penduduk tidak akan menjadi masalah apabila dapat ditangani dengan benar. Jumlah penduduk yang besar, jika diikuti dengan kualitas penduduk yang memadai maka akan menjadi penopang bagi pertumbuhan ekonomi. Sebaliknya jumlah penduduk yang besar, jika diikuti dengan tingkat kualitas penduduk rendah menjadikan penduduk tersebut hanya sebagai beban bagi pembangunan nasional.

Kondisi yang ada saat ini adalah pertumbuhan penduduk yang meningkat didukung pertumbuhannya yang tidak merata. Contohnya saja Indonesia, Indonesia merupakan salah satu negara dengan penduduk terpadat. Akan tetapi jumlah penduduk dengan kepadatan tinggi ini umumnya hanya terletak dikota besar saja, padahal Indonesia merupakan negara terluas dengan banyak daerah. Hal ini membuktikan bahwa pertumbuhan penduduk Indonesia saat ini masih belum merata. Oleh karena itu dengan adanya wilayah yang luas, permasalahan ini dapat diatasi dengan distribusi perpindahan penduduk yang merata.

Dengan konsep ruralisasi yaitu perpindahan penduduk dari kota ke desa, dapat mengurangi kepadatan penduduk. Keuntungan yang didapat dari konsep ini selain pemerataan penduduk, pembangunan di pedesaan pun dapat berkembang dengan masuknya masyarakat perkotaan. Adapun faktor lain pendorong konsep ini selain wilayah yang luas, diantaranya kejenuhan tinggal di kota, harga lahan di kota semakin mahal sehingga tidak terjangkau, keinginan untuk memajukan desa atau daerah asalnya, merasa tidak mampu lagi mengikuti dinamika kehidupan di kota.Faktor penarik diantaranya harga lahan di pedesaan relatif masih murah, pola kehidupan masyarakatnya lebih sederhana, suasana lebih tenang, sehingga cocok untuk penduduk usia tua dalam menjalani masa pensiun, adanya perasaan keterkaitan dengan daerah asal atau kenangan masa kecil.

Hal ini dilakukan karena meningkatnya urbanisasi yang tidak dapat dikendalikan dan memusatnya pertumbuhan penduduk yang tinggi di perkotaan. Jika masyarakat urban tidak mau kembali ke daerah asal. Maka dapat dilakukan konsep sebaliknya penduduk kota yang berpindah ke desa dengan syarat telah dilakukan pemerataan pembangunan. Adapun usaha yang dapat dilakukan pemerintah:

a.Desentralisasi, yaitu pembangunan yang tidak hanya memusat di kota, namun menyebar ke daerah-daerah.

b.Modernisasi desa, yaitu pengembangan program pembangunan daerah dengan berbagai kegiatan.

c. Meningkatkan hasil-hasil pertanian melalui intensifikasi pertanian ataupun ekstensifikasi pertanian.

d. Meningkatkan sarana dan prasarana transportasi dan komunikasi antardaerah.

e. Meningkatkan kegiatan sentra industri kecil dan sedang di pedesaan.

Tentu jika hal ini dipikir sepintas akan menjadi tidak realisitis, namun semua ini akan menjadi mungkin diterapkan apabila direncanakan dengan tepat antara pemerintah dengan masyarakat. Sejauh ini penyebab timbulnya penduduk urban karena proses pembangunan yang tidak merata, pemerintah masih belum memenuhi kebutuhan infrastruktur perdesaan sesuai dengan demand penduduk. Untuk itu dibutuhkan kerjasama yang baik antara pemerintah dan masyarakat.

Namun yang terpenting adalah pertumbuhan penduduk tidap dapat dihentikan tetapi dapat dikendalikan, pertumbuhan penduduk yang tinggi akan menguntungkan jika dapat dikendalikan dengan tepat dan bijaksana.

VIDEO PILIHAN