Mohon tunggu...
Indah Pertiwi
Indah Pertiwi Mohon Tunggu...
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

Selanjutnya

Tutup

Kandidat

Filosofi Pakaian Putih Jokowi-Ma'ruf

5 Januari 2019   19:21 Diperbarui: 5 Januari 2019   19:22 261 2 2 Mohon Tunggu...

Desain surat suara telah dirilis. Tampilan kandidat capres-cawapres nomor urut 01 dan 02 terlihat begitu berbeda.

Untuk pasangan calon nomor urut 01 itu terlihat Jokowi mengenakan pakaian putih dan kopiah berwarna hitam serta Ma'ruf Amin mengenakan sorban berwarna putih.

Sementara paslon nomor urut 02, Prabowo-Sandiaga mengenakan kemeja putih dengan dasi merah dibalut jas warna hitam serta memakai kopiah berwarna hitam.

Pemilihan warna tersebut ternyata bukan tanpa makna. Filosofi warna putih yang dikenakan Jokowi-Ma'ruf Amin adalah keduanya ingin tampil bersih dan berkampanye serta menang secara bersih karena tidak ingin mengotori suasana Pilpres 2019.

Sementara, penggunaan kopiah oleh Jokowi-Ma'ruf bertujuan untuk menunjukkan wujud ke-Indonesiaan.sementara penggunaan kopiah oleh Jokowi-Ma'ruf bertujuan untuk menunjukkan wujud ke-Indonesiaan.

Begitu juga dengan penggunaan warna putih yang merupakan simbol kebersihan dan kedamaian. Sehingga pemerintahan Jokowi-Ma'ruf Amin akan berjalan dengan bersih jika terpilih.

Berbeda dengan pakaian Prabowo-Sandiaga berwarna hitam, dimana dirinya hanya ingin mencitrakan bahwa mereka berwibawa dan gagah dari luar.. Namun, sebenarnya tidak menunjukkan kepemimimpinan yang bersih dan damai.

Dari warna saja sudah tampak bedanya, apalagi dari kualitas, kinerja dan rekam jejaknya.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x