Mohon tunggu...
Dema Bagus Aldana
Dema Bagus Aldana Mohon Tunggu... Mahasiswa Bimbingan dan Konseling

Mahasiswa Bimbingan dan Konseling

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Jalani KKN di Masa Pandemi Covid-19, Mahasiswa UNS Berikan Edukasi Warga Setempat Melalui Berbagai Progam

21 Juli 2020   21:33 Diperbarui: 21 Juli 2020   21:31 23 1 0 Mohon Tunggu...

Sampai saat ini belum diketahui kapan pandemi akan berakhir. Ditengah pandemi Covid 19, mahasiswa Universitas Sebelas Maret (UNS) melaksanakan kegiatan program Kuliah Kerja Nyata era Covid 19. Mahasiswa yang mengikuti kegiatan KKN akan di dampingi 95 dosen pembimbing lapangan (DPL), sementara bimbingan oleh dosen dilakukan secara daring. KKN UNS era Covid 19 dilaksanakan beberapa tahap, untuk saat ini sudah berlangsung tahap 2 sejak tanggal 15 Mei sampai 30 Juni 2020. 

Diikuti oleh sejumlah mahasiswa yang selanjutnya disebar di beberapa lokasi menurut domisili mahasiswa masing-masing. Lokasi berlangsungnya KKN UNS Covid-19 ini terutama di Desa Salamrejo, Binangun, Kabupaten Blitar. Sebelumnya masyarakat awam kurang mamperdulikan bahaya dari virus ini terlebih kurangnya sosialisasi tentang pandemi ini, hingga saat beberapa kecamatan di sekitar Kecamatan Binangun mulai terdampak virus ini. Adanya dampak pandemi maka saya selaku mahasiswa UNS ikut  berkontribusi membantu masyarakat melalui program KKN UNS.

Pelaksanaan KKN UNS di saat pandemi ini saya lakukan yang lokasinya berada dalam domisili saya yaitu Desa Salamrejo, khususnya RT 03 RW 01. Saya memilih tema "Supporting Pemahaman Masyarakat terhadap Covid-19" utamanya tentang Phsycal Distancing dan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat. Karena penting bagi masyarakat disini untuk mendapat tindakan langsung agar bisa lebih memahami bagaimana pentingnya jaga jarak, menggunakan masker dan perilaku hidup bersih dan sehat.

Saya melaksanakan berbagai program kerja dalam KKN UNS Covid-19 antara lain dengan edukasi tentang pembuatan masker dan pembagian hand sanitizer gratis kepada warga sekitar. Pelaksaanaan program kegiatan KKN UNS meliputi menempelkan poster pada papan pengumuman, membagikan masker, memberikan edukasi kepada masyarakat, Semua kegiatan program dilakukan sesuai protokol kesehatan Covid 19. Antusias dan apresiasi dari warga yang membantu dan memberikan dorongan pada program KKN saya, membuat saya merasa senang dan mendapatkan banyak pengalaman.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x