Mohon tunggu...
Della NoviaSandra
Della NoviaSandra Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswi

Department of Economic Education, Syiah Kuala University

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Indahnya Keberagaman di Kampung Toleransi

3 November 2022   08:45 Diperbarui: 3 November 2022   09:11 67
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Mahasiswa PMM Inbound Universitas Pendidikan Indonesia hadiri festival Luna City Calling pada Minggu, 23 Oktober 2022 di Gang Luna RW 04, Kelurahan Jamika, Kecamatan Bojong Loa Kaler, Kota Bandung, Jawa Barat.

Gang Luna merupakan salah satu Kampung Toleransi yang ada di Kota Bandung. Kampung Toleransi ini diresmikan pada tahun 2017 oleh Ridwan Kamil selaku Wali Kota Bandung. Mendatangi kampung Toleransi ini membuat kita mengenal lebih jauh keberagaman umat beragama, di Gang Luna terdapat beberapa tempat ibadah umat beragama yang beragam diantaranya terdapat dua Masjid, empat Gereja dan empat Vihara yang saling berdekatan.

Setiap tahunnya di Kampung Toleransi ini diadakan festival Luna City Calling yang bertujuan untuk menumbuhkan kebersamaan agar terjalin komunikasi yang baik antar umat beragama yang ada di Gang Luna.

Agus Supriana salah satu warga asli Gang Luna menyampaikan perasaanya tinggal di kampung yang beragam dimana warga Kampung Toleransi sosialnya tinggi, saling membantu dan peduli sesama, "lingkungan beragam ini banyak hikmahnya ternyatakan toleransinya sangat tinggi kalau ada kegiatan sosial juga semua ikut terlibat, ada yang meninggal atau yang sakit selalu ada yang menengok kemudian kerjasama juga seperti kerja bakti," ungkap Agus.

Ia juga berharap agar festival Luna City Calling dapat dilanjutkan terus supaya kerjasama kebersamaan antar umat beragama semakin harmonis.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun