Mohon tunggu...
Della Alifia G
Della Alifia G Mohon Tunggu... Mahasiswa - Universitas Ahmad Dahlan

Mahasiswi Universitas Ahmad Dahlan

Selanjutnya

Tutup

Metaverse

E-Sport adalah Olahraga Terbaik bagi Generasi Z di Tengah Pandemi Covid-19

20 Juli 2021   20:30 Diperbarui: 20 Juli 2021   20:50 129 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
E-Sport. Sumber ilustrasi: PEXELS/Jamie McInall

Fenomena ESport di zaman sekarang ini bisa dibilang sedang naik daun. Berbagai pencipta game seakan tidak mau kalah, mereka menggunakan esport sebagai salah satu sarana untuk menjual lebih banyak produk game buatan mereka. Ditengah persebaran Covid-19 ini membuat seluruh masyarakat diharuskan berada di rumah mencegah persebaran semakin meluas.

Pakar Audi E. Prasetio (2017) mengatakan bahwa E-Sport atau Electronic Sport itu adalah suatu bidang olahraga yang menggunakan game sebagai tempat bersaing. Wahyudi (2017) juga mengatakan E-Sport merupakan olahraga digital yang tersusun dengan memakai pelatihan khusus sama halnya atlet profesional lainnya. ESport tidak menggunakan aktivitas berlebih, tetapi hanya melakukan uji cekatan dengan menggunakan gawai ataupun PC. Dibalik seluruh kegiatan E-Sport, mereka juga memiliki tempat untuk segala bentuk aktivitas yang mereka lakukan dinamakan ESport Center.

Apalagi ditengah kondisi maraknya Covid-19 yang seperti ini, banyak orang yang harus tetap berada dirumah mengantisipasi persebaran Covid-19 ini. Dengan itu, mereka menghabiskan waktu dengan memainkan game diponsel mereka. Ini menjadikan Esport primadona selama pandemi saat ini. Salah satu bentuk hiburan yang banyak dipilih masyarakat dalam masa pandemi ini adalah bermain game online yang mencapai 16,5% berdasarkan data yang dikeluarkan Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) pada 9 November 2020. Dan, berdasarkan data yang telah didapatkan oleh Newzoo Global Games Market Report 2020 jumlah pendapatan dari mobile gaming secara global pada tahun 2020 bertambah sebesar 13%. Sementara itu, berdasarkan data dari Statiska ada sejumlah 50,8 juta pengguna game mobile di tahun 2020. Hal ini tidak lepas dari kebijakan WFH atau Work From Home dan kegiatan belajar di rumah.

Seperti yang kita ketahui saat ini, selain Dota dan LoL yang termasuk dalam multiplayer online battle aren, ada juga banyak tipe game yang  tergolong masuk eSport. Ada fighting game, FPS (first person shooter), dan RTS (real time strategy), hingga sports games pun ada.

Sports Games yang terkenal di dunia dan memiliki kompetisi eSport-nya adalah FIFA Football (dari Electronic  Arts  Sports)  dan NASCAR. Game-game tersebut memiliki kompetisi yang sudah  terkenal juga, antara lain Electronic sports World Cup dan Electronic  sports League. Terkait dengan konteks melihat sports games secara  umum, untuk saat ini dapat ditemukan Pro Evolution Soccer, serial NBA 2K, Football Manager, dan lain sebagainya.

Kata "sport" berasal dari "dis-ports" dari bahasa Perancis Kuno. Kata tersebut memiliki arti "untuk menghibur diri" atau "untuk menyenangkan diri". Ini juga yang merupakan konsep utama  olahraga,  yaitu  untuk  bermain.  Berdasarkan pengertian di atas,  bermain game bisa saja digolongkan menjadi olahraga  (Dex Glenniza:2018).

Selain FIFA Football dan NASCAR, terdapat sport game yang juga bisa dilakukan di rumah saat sedang bosan. Ring Fit Adventure adalah salah satu game terkenal dari Nintendo. Ring Fit Adventure ini bukanlah game sembarangan, game ini memiliki RPG (role play game) yang sangat lengkap. Karena game ini adalah perangkat keras, didalamnya memiliki tali kaki dan juga resistensi besar. Dari masing-masing dua alat itu, akan terhubungkan oleh pengontrol Joy-Con agar bisa menuruti/meniru Gerakan. 

Game ini juga mempunyai bayak keuntungan seperti dapat berolahraga tanpa menggunakan alatnya langsung seperti treadmill dan tiang pull up (angkat badan) dan banyak olahraga lainnya yang bisa ditiru hanya menggunakan Ring Fit Adventure. Maka dari itu, Ring Fit Adventure bisa melakukan seluruh olahraga hanya menggunakan satu alat, satu tempat dalam satu waktu.

Game Ring Fit Advennture ini mempunyai level, jadi apabila sudah menaiki level maka karakter yang dimainkan akan membuka banyak opsi skill. Ketika memainkan game ini, pasti merasakan adrenalin, seperti detak jantung yang semakin cepat, dan bercucurannya keringat yang jatuh. Ini juga bisa kita dapatkan Ketika sedang berolahraga lainnya.

Dari semua keuntungan Ring Fit Adventure diatas, pasti juga mempunyai kekurangan yaitu harga nya yang mahal berkisar 80USD atau jika dirupiahkan sekitar 1,1 juta. Selain itu, kita juga harus mempunyai Nintendo switch agar bisa memainkan Ring Fit Adventure ini. Karena, Ring Fit Adventure itu hanyala game nya saja, agar bisa dimainkan tentu saja harus mempunyai atau membeli Nintendo Switch tersebut.

Mungkin diantara kalian semua ada yang berminat untuk membeli Ring Fit Adventure ini, lumayan digunakan saat pandemic seperti ini, mengurangi rasa malas gerak dan juga lebih sehat saat menggunakan Ring Fit Adventure. Game ini membuat anda lebih bugar dan juga dapat mengurangi berat badan kalian. Game ini bisa kalian temukan di toko e-commerce kesayangan anda. Lets go! Kalau bisa sekarang, kenapa harus nanti.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Metaverse Selengkapnya
Lihat Metaverse Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan