Mohon tunggu...
Delinda Selena Effendi
Delinda Selena Effendi Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Saya suka mendengarkan musik

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Mahasiswa UKI Jakarta Gelar PKM di Rusunawa Jatinegara Barat, Antisipasi Ancaman Hoax terhadap Harmonisasi Komunikasi Multikultural

9 Desember 2022   16:00 Diperbarui: 9 Desember 2022   16:04 133
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Indonesia mengadakan PKM atau yang disebut Program Kreativitas Mahasiswa. Mereka mengadakan sosialisasi dengan tema “Mengantisipasi Ancaman Hoaks Terhadap Harmonisasi Masyarakat Multikultural” yang dimana kegiatan tersebut dilaksanakan di Rusunawa Jatinegara Barat. Rabu (30/11/2022)

Kegiatan yang berlangsung di Rusunawa Jatinegara Barat, Jakarta ini juga mengundang para warga yang menghuni rusunawa tersebut didampingi dosen Ibu Melati Mediana Tobing, ST., S.I.Kom., M.Si. selaku dosen yang mengajar mata kuliah Komunikasi Multikultural tersebut. Para penghuni rusunawa tersebut diajarkan mengenai cara mengatasi hoax yang banyak beredar luas dimana mana. Perkembangan teknologi yang semakin canggih saat ini menjadikan informasi lebih mudah diakses dan juga penyebarannya menjadi sangat cepat. Kapan dan dimanapun kita berada akan dengan sangat mudah untuk mendapatkan informasi terbaru. Akhir-akhir ini dunia maya banyak dimunculkan dengan informasi dan berita palsu atau juga sering dikenal dengan istilah “Hoax” oleh sejumlah oknum yang tidak bertanggung jawab.

Sekitar 20 penghuni rusunawa Jatinegara Barat tersebut ikut hadir dalam PKM ini untuk mendengarkan pemaparan dari mahasiswa UKI tersebut. Mereka sangat antusias dalam mengikuti kegiatan sosialisasi nya. Serta yang menjadi pembicara nya yaitu mahasiswa Ilmu Komunikasi itu sendiri, Rianda Triaditya dan Hanna Karen serta Kezie Immanuella.

Kegiatan PKM tersebut dihadiri kurang lebih 30 mahasiswa, kegiatan ini pun disambut dengan antusias dan positif oleh seluruh mahasiswa. Mahasiswa UKI ini memberikan pemahaman mengenai bahaya penyebaran berita hoax dalam menggunakan media sosial dengan melihat dari tinjauan peraturan perundang-undangan yang berlaku di Indonesia.

Dalam pemaparannya, para mahasiswa memberikan edukasi dalam pencegahan informasi hoax. Yaitu dengan membudayakan kebiasaan membaca lebih dalam tentang persoalan yang dibahas agar tidak mudah terpengaruh dengan berita miring (hoax).

“Nah biasanya banyak nih bapak bapak atau ibu ibu yang gampang banget nemuin berita hoax. Biasanya berita hoax itu didapat dari media sosial yang kita punya. Contohnya pasti ibu ibu atau bapak bapak disini banyak kan yang main Facebook? Nah, itu tuh kadang gak semuanya bener pak atau bu. Maka dari itu kalau kita nemu berita hoax nih bisa langsung dilaporkan ke email aduankonten@mail.kominfo.go.id yang gampang banget tinggal di search di Google ya bapak atau ibu sekalian.” Terang Rianda Triaditya selaku pembicara dalam PKM tersebut.

Akhir kegiatan PKM tersebut pun ditutup dengan mengadakan kuis yang berkaitan dengan pemaparan Rianda dan Hanna yang sebelumnya sudah dijelaskan serta dilanjut dengan foto bersama dengan penghuni Rusunawa Jatinegara Barat tersebut.

Sekilas tentang Penulis :

Delinda Selena Effendi merupakan salah satu mahasiswa yang berkuliah di Universitas Kristen Indonesia program studi Ilmu Komunikasi angkatan Tahun 2019 yang saat ini menempuh Semester 7.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun