Mohon tunggu...
Delia Puspita
Delia Puspita Mohon Tunggu... SMAN 1 PADALARANG

Pelajar

Selanjutnya

Tutup

Bisnis

Wirausahawan Sukses

21 Januari 2020   20:55 Diperbarui: 21 Januari 2020   20:54 81 7 0 Mohon Tunggu...

Saat ini banyak pemuda Indonesia yang berkecimpung di dunia bisnis. Bukan hal yang tidak mungkin ini bisa membawa Indonesia pada kemajuan. Kewirausahaan merupakan komponen penting dalam pembangunan ekonomi. Untuk mengembangkan kewirausahaan perlu adanya mutu pendidikan yang lebih baik dan teknologi yang memadai. Selain itu perlu adanya prinsip agar para anak muda tertarik dengan dunia bisnis. Mereka juga harus belajar memiliki kemampuan (skill) dibidangnya masing masing.

Walaupun begitu masih banyak anak muda yang berpikiran bahwa bekerja sebagai karyawan itu lebih baik dan menyenangkan karena mereka berpikir bahwa mereka akan menerima gaji dengan cara menuruti apa yang dikatakan pimpinannya dan menjalani tugas dengan baik, tanpa harus berpikir banyak dan kritis untuk memajukan perusahaan.

Padahal pemikiran tersebut kurang tepat,dalam bekerja kita diberi dua pilihan antara menjadi bos atau karyawan. Menjadi pengusaha atau bos itu lebih baik tapi bukan berarti menjadi karyawan tidak baik. Namun dengan menjadi pemilik usaha ada banyak keuntungan yang akan kita dapatkan.

Ketika kita yang menjadi pemilik usaha tentu kita tidak akan terikat dengan waktu. Maksudnya kita bisa kapan saja untuk berlibur, hal ini tentu membuat waktu untuk keluarga lebih banyak. Menjadi pemilik usaha juga membuat pikiran jadi dinamis. Kita dituntut untuk berpikir bagaimana caranya agar usaha kita berkembang dan sesuai dengan tujuan. Sebagai pemilik usaha juga kita tidak perlu mendengar makian bos, karena yang mengatur dan bertanggung jawab atas usaha kita. Sukses atau bangkrut itu yang harus dihadapi dan menjadi tugas kita.

Untuk menjadi wirausahawan yang sukses tidak harus memiliki modal yang besar. Banyak para pengusaha yang merintis dari nol sampai akhirnya mereka sukses. Contohnya pemuda yang berusia 23 tahun Reza Nurhilman yang terkenal dengan kripik Maicih. Ia menjual dengan cara online, dengan modal yang sedikit, ia bisa menjadi pengusaha muda yang sukses.

Hal ini membuktikan bahwa untuk menjadi sukses tidak harus dengan modal yang besar. Dengan niat yang kuat, yakin,percaya diri, usaha dan doa agar menjadi pengusaha yang sukses. Jika ingin sukses kita harus mampu untuk merasakan jatuh bangunnya dalam menjalankan usaha. Karena tidak mungkin seseorang yang sukses tanpa ada rintangan. Menjadi seorang pengusaha itu harus selalu siap untuk menerima resiko. Dalam kondisi sesulit apapun. Kita harus mampu bertahan, dan yakin bahwa kita akan sukses.

VIDEO PILIHAN