Dalam upaya meningkatkan pengalaman belajar dan keterlibatan siswa di sekolah dasar, mahasiswa program Kampus Mengajar 7 menyelenggarakan acara Market Day yang berlangsung pada hari Sabtu, 20 April 2024 di SDN Tonjong 1. Acara ini bertujuan untuk memperkenalkan konsep kewirausahaan dan kerja sama tim kepada siswa melalui aktivitas yang interaktif dan menyenangkan.
- Persiapan dan sosialisasi
Kelompok Mahasiswa Kampus Mengajar Angkatan 7 yang merupakan Mahasiswa dari dua Universitas yang berbeda, yaitu Universitas Muhammadiyah Sukabumi dan Universitas Pendidikan Indonesia yang juga berasal dari berbagai program studi yang berbeda yaitu, program studi Pendidikan Teknologi Informasi, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, Pendidikan Bahasa Inggris serta Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Para mahasiswa dari program Kampus Mengajar Angkatan 7 ini bergabung dengan guru, staff sekolah dan juga siswa siswi yang terlibat untuk menyiapkan acara Market Day tersebut.
Proses persiapan Market Day dimulai dengan sosialisasi kepada siswa yang terlibat dan juga pihak sekolah. Dalam sosialisasi tersebut, mahasiswa menjelaskan bahwa Market Day akan melibatkan siswa dalam kegiatan yang mirip dengan pasar tradisional, di mana mereka akan bertanggung jawab atas berbagai booth stan yang menawarkan produk yang mereka buat sendiri.
Mahasiswa juga menyusun Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) yang berisi panduan kegiatan, tugas-tugas yang harus diselesaikan, dan penjelasan tentang bagaimana siswa bisa mempersiapkan produk yang akan mereka tawarkan. LKPD ini disusun dengan cara yang mudah dipahami dan diadaptasi dengan usia siswa, sehingga mereka dapat mengikuti petunjuk dengan baik dan mempersiapkan Market Day dengan penuh semangat.
- Inisiatif Pendidikan dan Kewirausahaan
Tujuan utama dari Market Day ini adalah untuk memberikan pengalaman praktis kepada siswa-siswa sekolah dasar dalam hal kewirausahaan. Setiap stan dipenuhi dengan berbagai macam produk kreatif, yang dibuat oleh setiap kelompok siswa dari kelas 5 dan 6.
"Kami melihat pentingnya memperkenalkan konsep kewirausahaan kepada anak-anak sejak dini. Market Day bukan hanya sekadar pameran produk, tetapi juga peluang untuk mengajarkan mereka tentang manajemen uang, kreativitas, dan keberanian untuk berinovasi." Ucap salah satu mahasiswa dari Kelompok Kampus Mengajar yang terlibat dalam kegiatan Market Day ini.
- Antusiasme dan Dukungan Komunitas
Acara Market Day tidak hanya mendapat sambutan hangat dari siswa dan staff sekolah, tetapi juga mendapat dukungan penuh dari orang tua dan warga sekitar. Banyak dari mereka datang untuk melihat serta mendukung anak-anak dalam menjalani pengalaman berharga ini. "Saya sangat bangga melihat anak saya berpartisipasi dalam acara ini. Mereka belajar banyak hal baru hari ini," ujar salah satu wali murid yang terlibat.
- Dampak Positif dan Pembelajaran Berkelanjutan
Salah satu guru di SDN Tonjong 1, menekankan bahwa acara seperti Market Day memiliki dampak jangka panjang yang positif. "Ini bukan hanya tentang hari ini, tetapi juga tentang membuka pintu untuk pendidikan yang lebih kreatif dan interaktif di masa depan," ungkapnya. Acara Market Day di SDN Tonjong 1 bukan hanya menjadi acara sekali-sekali, tetapi sebuah inisiatif yang diharapkan akan menjadi tradisi tahunan yang terus berkembang. Melalui kolaborasi antara guru, dan warga sekolah.
Mereka berhasil menciptakan lingkungan belajar yang mendukung dan memberdayakan setiap siswa untuk mencapai potensi mereka secara penuh. Diharapkan, keberhasilan Market Day pertama kali ini akan menjadi inspirasi bagi sekolah lain dan masyarakat untuk lebih mendukung pengembangan kreativitas, kewirausahaan, dan pendidikan inovatif di semua tingkatan pendidikan.
Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana. Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI