Kesehatan

Variabel Konten Pesan dalam Buku "Handbook of Health Communication"

4 Desember 2017   06:52 Diperbarui: 4 Desember 2017   08:49 658 0 0

Dalam tulisan ini akan membrikan identifikasi mengenai variabel-variabel penting dalam beberapa teori dan model komunikasi kesehatan yaitu arus utama dan menempatkannya dalam kerangka desain pesan.

VARIABEL KONTEN PESAN

Stimuli

Yang paling pertama yang dilakukan oleh perancang pesan adalah memutuskan bagaiaman untuk menjangkau audiens secra lebih efektif agar mereka mau mendengar dan memperhatikan dengan sungguh sebuah pesan yang kita sampaikan. Sngkatnya, mereka mencoba membuat pesan penting untuk audiens.

Seorang perancang pesan khususnya dalam ranh kesehatan harus menciptakan kognisi yang mengarah pada sebuah motivasi, terdapat beberapa pilihan yaitu fitur pesan diantaranya vividness, placement, repetition di suatu media massa contohnya "ini penting bagi kesehatan Anda."

Variabel Motivasi

Dalam menciptakan perhatian dan relevansi pribadi, rangsangan sangatlah penting, namn ada yang dikenal dengan istilah motivasi yaitu pusat bagaimana sebuah pesan diproses dan dilakukan tindakan apa atau tidak.

Takut

Ketakutan adalah suatu respons yang afektif terhadap seseorang, kejadian, atau objek yang dianggap signifikan dan relevan secara pribadi.

Ancaman

Seseorang akan menilai suatu bahaya yang dapat terjadi dan menempatkan dirinya dalam keadaan bahaya jika merasa terancam. Ancaman ini digunakan saat melakukan kamoanye terhadap pemakai ganja.

Perceived Severity

Tingkat keparahan atau keseriusan ancaman kesehatan terkait untuk besarnya kerugian yang diyakini merupakan konsekuensi dari ancaman tersebut. Jika sebuah Orang tidak merasakan ancaman kesehatan menjadi serius, maka dia kemungkinan akan meninggalkannya pemrosesan lebih lanjut dari pesan. Sebaliknya, perancang pesan yang mampu melakukan persepsi Tingkat keparahan yang dirasakan ringan dapat meyakinkan individu bahwa tidak hanya negatif Konsekuensinya akan menimpa mereka jika tindakan tidak dilakukan, tapi konsekuensinya akan sangat menghancurkan.

Penilaian Sumber Daya dan Lingkungan

 Ketika individu menilai sumber daya dan lingkungan mereka yang ada, mereka melakukan inventarisasi dan mencoba untuk mencari tahu tidak hanya pilihan apa yang bisa bekerja untuk mencegah ancaman tapi juga tingkatnya ke mana mereka bisa menggunakan opsi tersebut untuk mencegah ancaman tersebut.

Respons Khasiat.

Individu dapat bervariasi dalam keyakinan mereka tentang apakah  Respons yang direkomendasikan benar-benar bekerja dalam mencegah ancaman

Self-Efficacy. Self-efficacy (atau harapan efikasi) didefinisikan sebagai persepsi kemampuan untuk mencapai hasil melalui tindakannya sendiri

Ada banyak faktor yang mempengaruhi self-efficacy seseorang. Pertama, self-efficacy bersifat dinamis dan timbal balik Kedua, self-efficacy adalah context-bound Ketiga, self-efficacy yang dirasakan orang tersebut pasti akan terpengaruh secara negatif. Perancang pesan, oleh karena itu harus memperhitungkan tindakan apa yang dianjurkan, apakah Ini mempengaruhi lingkungan dari mana ancaman itu berasal

Hambatan untuk Self-Efficacy.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2