Mohon tunggu...
Kesehatan

8 Makanan Pendamping ASI 8 Bulang yang Bikin Gemuk

22 Mei 2018   04:46 Diperbarui: 22 Mei 2018   06:02 0 0 0 Mohon Tunggu...
8 Makanan Pendamping ASI 8 Bulang yang Bikin Gemuk
makanan-pendamping-asi-terbaik-5b033de316835f15df5120c2.jpg

Berbicara mengenai berat badan bayi, sebenarnya selain makanan pendampig ASI yang dikonsumsi, berat badan bayi juga dipengaruhi oleh faktor genetik dari orang tuanya, Bun. Berat badan bukanlah ukuran sehat atau tidaknya si Kecil ya, Bun, jadi jangan khawatir karena perkembangan setiap bayi itu berbeda-beda.

Nah, Berikut adalah pedoman dari buku KMS posyandu mengenai kisaran berat badan anak untuk masing--masing usia.

  1. Hingga berusia 3 bulan, bayi akan mengalami peningkatan berat badan sekitar 175 hingga 210 g per minggu.
  2. Berat badannya akan naik dua kali lipat di usia 5 bulan.
  3. Setelahnya berat badan bayi akan mengalami peningkatan 400 g tiap hingga bayi berusia 1 tahun.
  4. Di usia 1 tahun bayi akan memiliki berat hingga tiga kali lipat berat badan saat dilahirkan.
  5. 4 kali berat lahir di usia 2 tahun.
  6. 5 kali berat lahir di usia 3 tahun.
  7. 6 kali berat lahir di usia 5 tahun.
  8. 7 kali berat lahir di usia 7 tahun.
  9. 10 kali berat lahir di usia 10 tahun.

Ada begitu banyak makanan yang baik membantu meningkatkan berat badan si Kecil, lho, Bun. Namun ,harus tetap disesuaikan dengan usianya ya. Ingin tahu makanan bayi 8 bulan agar cepat gemuk? Yuk, simak beberapa makanan yang dianjurkan untuk meningkatkan berat bada si Kecil.

  • Susu

Berika si Kecil ASI eksklusif selama 6 bulan pertama hingga 1 tahun. Mengingat semua nutrisi yang dibutuhkannya ada di dalam ASI. Barulah setelah usianya di atas 1 tahun, Bunda bisa mengenalkan ia dengan susu formula.

  • Minyak Zaitun

Minak zaitun dapat menjadi minyak pilihan yang lebih sehat dibanding dengan minyak nabati lainnya. Minyak ini mengandung lemak tak jenuh yang cukup tinggi dan baik bagi pertumbuhan si Kecil.

  • Pisang

Buah ini sangat bakdijadikan makanan pendamping ASI. Pisang mengandung serat, kalium, vitamin C, vitamin B6, dan mineral yang baik ntuk meningkatkan berat badan si Kecil. Bunda dapat memberikan buah ini kepada si Kecil dengan cara dihaluskan terlebih dahulu.

  • Daging Ayam

Daging ayam mengandung protein dan vitamin B12 yang sangat baik utnk meningkatkan berat badan si Kecil. Kombinasikan menu daging ayam dengan sayur-sayuran dan juga nasi agar gizinya seimbang.

  • Alpukat

Buah yang satu ini sangat baik untuk meningkatkan berat badan bayi. Alpukat mengandung serat dan rendah lemak jahat sehingga Bunda tak perlu khawatir si Kecil mengalami obesitas. Jangan lupa untuk menghaluskan alpukat sembelum diberikan kepada si Kecil, bila perlu tambahka juga sedikit susu.

  • Ubi Jalar Manis

Ubi jalar sangat baik untuk dikonsumsi oleh bayi karena kada lemak jahatnya sedikit. Di samping itu, ubi jalar juga megandung vitamin B6, vitamin A, vitamin C, magnesium, kalium, dan kaya akan serat sehingga baik untuk meningkatkan berat badan si Kecil.

  • Gandum

Gandum sangat baik untuk bayi karena kandungannya yang mampu menstabilkan kadar gula ddalam darah dan dapat memberikan energi yang cukup kepada bayi. Serat yag terkandung dalam gandum pun baik untuk sisitem pencernaan si Kecil yang sensitif.

  • Kentang

Kentang juga dapat meningkatkan berat badan si Kecil, lho, Bun. Selain itu, kenang juga dapat menjadi sumber energi dan mejaga kekebalan tubuh bayi. Karena tekstur kentang yang lembut, maka sangat disarankan untuk memperkenalkan kentang sebagai makanan padat pertama si Kecil.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
KONTEN MENARIK LAINNYA
x